SNMPTN/SBMPTN 2021

    Pendaftaran UTBK-SBMPTN Ditutup Besok, Mantapkan Pilihanmu

    Citra Larasati - 31 Maret 2021 17:18 WIB
    Pendaftaran UTBK-SBMPTN Ditutup Besok, Mantapkan Pilihanmu
    Ilustrasi. Foto: MI



    Jakarta:  Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK- SBMPTN) 2021 akan berakhir besok, Kamis, 1 April 2021. Kesempatan ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik bagi calon peserta untuk memantapkan diri memilih perguruan tinggi dan program studi yang dituju.

    “Yang penting ikuti passion, dan pilihlah universitas yang baik,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dalam gelar wicara daring “Ayo Kenal Unpad” yang disiarkan secara langsung melalui Instagram dan YouTube resmi Unpad, Rabu, 31 Maret 2021.






    Arief mengatakan, Unpad menawarkan banyak program studi untuk dipilih di SBMPTN 2021. Diharapkan, calon peserta memanfaatkan kesempatan ini mengingat Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

    “Jadi kalau teman-teman mempercayai Unpad sebagai tujuan silakan pilih fakultas atau tujuan yang paling sesuai dengan minat,” kata Arief.

    Baca juga:  54% Lulusan Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Tak Pede Masuk Dunia Kerja

    Bagi peserta yang sudah mendaftar, Arief berharap dapat mempersiapkan yang terbaik untuk pelaksanaan ujian nanti. Peserta diharapkan tidak terlalu takut pada sulitnya soal UTBK atau tingginya angka keketatan.

    “Tenang dan belajar dengan baik, pasti bisa masuk,” pesan Arief.

    Punya Kesempatan Sama

    Arief pun menegaskan, bahwa seluruh peserta memiliki kesempatan yang sama untuk masuk Unpad.  Unpad akan menilai dari prestasi atau kemampuan dari para peserta.

    Diungkapkan Arief, dari jalur SBMPTN, tahun ini Unpad akan menerima mahasiswa sebesar 40 persen dari keseluruhan penerimaan mahasiswa jalur Sarjana.

    Hanya tiap prodi berbeda-beda. Tergantung dari prodinya apa, tergantung dari bagaimana kebutuhan nasional terkait dengan seleksi SBMPTN itu,” ujar Arief.

    Sementara itu, Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad, Mohamad Fahmi mengatakan, tahun ini Unpad membuka pendaftaran untuk 58 prodi Sarjana, baik yang lokasi kampusnya di Jatinangor maupun di PSDKU Pangandaran.

    “Jadi kita membuka cukup banyak progam studi,” ujar Fahmi.

    Menurut Fahmi, bagi peserta yang akan mendaftar ke Unpad diharapkan dapat meyakinkan diri. Selain menawarkan banyak program studi, ada banyak program menarik juga yang dapat diikuti mahasiswa Unpad.

    “Teman-teman yang masih ragu, tidak usah ragu-ragu lagi. Segera daftar supaya tidak ketinggalan tempat,” ujar Fahmi.

    Protokol Kesehatan

    Mengingat Unpad menjadi salah satu penyelenggara UTBK 2021, Arief menegaskan bahwa Unpad akan menerapkan protokol kesehatan pada penyelenggaraannya nanti.

    Sebelum pelaksanaan ujian, peserta diminta untuk mengisi form online terkait kesehatan diri untuk mencegah penularan covid-19. Unpad pun akan melakukan screening secara terpadu bagi para peserta.

    “Nanti juga kita akan menyiapkan segala macam protokol, termasuk untuk meminta secara strict protokol kesehatan itu dijalankan oleh para peserta. Kalau tidak dijalankan nanti kami berhak menolak peserta itu,” ujar Arief.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id