Hari Santri 2020

    PBNU: Santri Harus Mampu Menjawab Tantangan Zaman

    Arga sumantri - 22 Oktober 2020 15:35 WIB
    PBNU: Santri Harus Mampu Menjawab Tantangan Zaman
    Ilustrasi. Foto: Antara/Rahmad
    Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menekankan santri masa kini dan masa depan harus mampu menjawab tantangan zaman. Santri diharapkan pula mampu memenangkan pertarungan global.

    "Mengambil peran strategis dan mendedikasikan diri untuk senantiasa siap berkorban dan memiliki kecintaan terhadap Tanah Air yang tinggi, serta mampu mewujudkan kemandirian Indonesia dengan daya saing yang tinggi," ucap Kiai Said melalui keterangan tertulis dalam rangka Hari Santri, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Menurut Kiai Said, santri tidak boleh hanya mampu mengaji, tetapi juga menguasai berbagai bidang strategis, produktif dan progresif dalam berbagai hal. Selain itu, santri harus mampu menampilkan model kepemimpinan nasional yang mengedepankan kepentingan bangsa.

    Baca: Hari Santri, Menag Minta Pesantren Tingkatkan Kewaspadaan Covid-19

    Santri dinilai harus mengambil peran untuk berjihad memberikan sumbangsih terbaiknya membantu menaggulangi wabah virus korona (covid-19). Fatwa resolusi pendiri NU Kiai Hasyim Asy'ari dianggap masih relevan. Bedanya, jika dulu fatwa tersebut dimaksudkan untuk melawan kolonialisme, maka saat ini bisa dimaknai sebagai upaya bersatu melawan wabah.

    "Sehingga, 'Santri Sehat, Indonesia Kuat', menjadi visi bersama untuk mengabdi pada Negeri, membangun, menjaga dan merawat Ibu Pertiwi," ungkapnya.

    Bagi Kiai Said, sebagai sebuah komunitas, jejaring organisasi dan pergerakan, santri terbukti mampu menjadi salah satu aktor utama dalam memerdekakan bangsa Indonesia. Santri juga terbukti efektif menjadi penggerak pembangunan yang mendinamisir kehidupan masyarakat sekaligus mampu bertindak sebagai penjaga persatuan dalam kebhinekaan yang sangat harmonis.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id