comscore

Transformasi Digital Perpustakaan Merupakan Keniscayaan

Ilham Pratama Putra - 19 April 2022 17:26 WIB
Transformasi Digital Perpustakaan Merupakan Keniscayaan
Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Seluruh kegiatan manusia hari ini tak lepas dari bantuan teknologi. Banyak aspek kehidupan mulai bertransformasi ke arah digital.

Dorongan serupa juga ditujukan ke perpustakaan. Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menyebut transformasi digital perpustakaan merupakan keniscayaan.
"Dengan transformasi digital, tentu memudahkan pengguna pustaka untuk memanfaatkannya. Kami mengumpulkan informasi yang berserakan di masyarakat. Karena di seluruh dunia, ini merupakan tugas dari pustakawan," kata Syarif dalam webinar Transformasi Perpustakaan Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional, Selasa, 19 Maret 2022.

Dia mengungkapkan untuk mengakselerasi digitalisasi perpustakaan, Perpusnas menargetkan akan ada satu juta content creator yang tampil di channel YouTube Perpusnas pada 2022. “Jadi, kami tidak menciptakan aplikasi khusus, tapi fokus membangun jaringan,” ucap dia.

Peran lain yang bisa diemban perpustakaan, yakni produk bisnis. Misalnya, produk sarung atau pintu ukir Bali yang dipasarkan melalui market place Alibaba.

Dia mengatakan produk tersebut dapat dijual dengan harga ratusan dollar, tapi belum ada buku tentang cara pembuatan. Syarif menuturkan perpustakaan dapat membangun ekosistem dengan produk terstruktur melalui UMKM.

“Apa peran perpustakaan? Semua ada ilmunya. Ada buku tentang ilmu terapan yang bisa dicari melalui perpustakaan. Kemudian literasi digital, pelatihan bagi warga terdampak covid-19 berdasarkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” tutur Syarif.

Baca: Perpustakaan Kampus Harus Kebut Transformasi
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id