comscore

Pertama Kali Sejak Pandemi, IPB Wisuda 370 Lulusan Baru Secara Langsung

Renatha Swasty - 01 Juli 2022 13:13 WIB
Pertama Kali Sejak Pandemi, IPB Wisuda 370 Lulusan Baru Secara Langsung
Wisuda IPB Tahap VI Tahun Akademik 2021/2022 di Grha Widya Wisuda. DOK IPB
Jakarta: Rektor IPB University mewisuda 370 lulusan baru dari program sarjana, magister dan doktor di Grha Widya Wisuda secara luring pada Rabu, 29 Juni 2022. Ini merupakan Wisuda Tahap VI Tahun Akademik 2021/2022 yang pertama kali digelar secara luring sejak pandemi covid-19.

“Ini merupakan pertama kali wisuda dilakukan secara luring, setelah selama dua tahun wisuda dilaksanakan secara daring. Semoga situasi semakin membaik sehingga dapat melaksanakan wisuda selanjutnya melalui luring,” ujar Rektor IPB University Arif Satria dalam keterangan tertulis, Jumat, 1 Juli 2022.
Arif berpesan pada wisudawan saat ini dunia menghadapi perubahan yang sifatnya disruptif dan tidak pernah direncanakan maupun tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Revolusi 4.0 menjadi kenyataan, kondisi covid-19 yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dan sekarang dihadapkan dengan perubahan disrupsi secara politik.

“Secara geopolitik konflik Ukraina dengan Rusia telah membawa dampak perubahan terhadap situasi di dunia. Ini adalah pandangan yang harus disikapi dengan berbagai langkah dengan cara baru, cara berpikir baru, dan mindset baru,” tutur Arif.

Dia menuturkan menanggapi hal itu mesti memperkuat cara berpikir baru, mindset baru dengan optimis bahwa dapat mengubah keadaan. Sebab, mindset tersebut akan menentukan arah perilaku.

“Kalau kita terperangkap pada apa yang disebut dengan fix mindset sebuah cara berpikir yang pesimis terhadap perubahan, orang fixed mindset tidak yakin dirinya dan kemampuan serta bakatnya dapat berubah,” kata dia.

Dia menuturkan seseorang yang memiliki growth mindset memiliki optimis untuk terus berkembang dan melangkah. "Kalau kita takut jatuh kita tidak pernah melangkah dan kita tidak akan pernah ada di depan. Oleh karena itu optimisme dan kepercayaan diri untuk berani melangkah harus dibangun,” kata dia.

Arif menyampaikan IPB University berusaha semaksimal mungkin menjadikan lulusannya memiliki karakteristik sebagai pembelajar tangkas, tangguh, dan lincah.
Sebab, yang dihadapi sekarang adalah ketidakpastian dan kecepatan.

"Kita harus belajar cepat agar kita memiliki kemampuan menjadi trendsetter perubahan. Agar kita menjadi trendsetter perubahan, maka kita sudah mulai menggeser orientasi kita dari best practice menjadi future practice agar kita menjadi leader,” ujar dia.

Arif menyebut kreativitas menjadi kata kunci agar lulusan memiliki kemampuan menjadi leader, kemampuan melangkah, dan keberanian berlari. “Sehingga kita benar-benar menerapkan future practice dengan penuh optimisme. Itulah yang akan menjadikan kita menjadi leader,” tutur dia.

Dia menuturkan ada tiga ciri alumni IPB, yaitu integritas, inovasi, dan inspirasi. Hal ini merupakan modal untuk berperan agar IPB tidak sekadar menjadi follower. Arif menyebut IPB harus menjadi leader dan trendsetter perubahan.

“Karena sekarang saatnya kita berebut menjadi pemimpin perubahan. Sehingga dapat menebar manfaat yang lebih banyak dan luas,” tutur dia.

Wakil Ketua Dewan Pakar Himpunan Alumni (HA) IPB University Bustanul Arifin menyampaikan saat ini Indonesia berada pada tatanan dunia baru yang tidak pasti. Perubahan iklim menjadi tantangan terbesar yang harus dipecahkan bagi alumni IPB University.

"Karena dampaknya terhadap produksi pangan sangat signifikan. Sekarang ini terjadi stagflasi, yaitu stagnasi pertumbuhan ekonomi dan inflasi tinggi pada saat bersamaan,” ujar dia.

Bustanul mengatakan sebagai alumni baru, wisudawan harus terus belajar mengarungi kehidupan setelah lepas dari kampus. “Kita memerlukan pola pikir dan mindset yang mampu beradaptasi dengan perubahan besar yang sangat cepat. Alumni IPB University memiliki ketangguhan dan mampu mewarnai perubahan dengan cepat,” ujar dia.
Baca juga: IPB Satu-satunya Kampus Indonesia yang Masuk Ranking Dunia di Bidang Lingkungan
 


(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id