comscore

Unesa Ditunjuk Jadi Tuan Rumah JWG Indonesia-Prancis 2024

Renatha Swasty - 04 Juli 2022 17:41 WIB
Unesa Ditunjuk Jadi Tuan Rumah JWG Indonesia-Prancis 2024
Ilustrasi Unesa. DOK Unesa
Jakarta: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ditunjuk sebagai tuan rumah Joint Working Group (JWG) Indonesia-Prancis pada 2024. Program JWG merupakan kelompok kerja sama sektor pedidikan antara pemerintah Indonesia lewat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Pemerintah Prancis lewat Kementerian Pendidikan Nasional dan Pemuda.

“Iya, Unesa jadi tuan rumah. Bagi kami ini suatu kehormatan dan tentu Unesa harus menyiapkan diri, ide-konsep kerja sama, inovasi, dan sebagainya untuk kesuksesan program dan penguatan kerja sama Indonesia-Prancis,” ucap Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Asrori dikutip dari laman unesa.ac.id, Senin, 4 Juli 2022.
Keputusan itu diambil dalam The 12th Joint Working Group (JWG) Prancis-Indonesia bidang Pendidikan Tinggi, Riset, Inovasi, dan Entrepreneurship yang diselenggarakan di Valenciennes, Prancis, pada 28-29 Juni 2022. Tim dari Unesa yang berangkat yaitu Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Sujarwanto dan Asrori.

Program ini mempertemukan lembaga pendidikan tinggi dua negara untuk mengonsolidasi seluruh aspek kerja sama yang tengah berjalan dan mengembangkan kerja sama di berbagai bidang lain. Tahun ini, fokus pembahasan kerja sama yaitu pendidikan tinggi, riset, inovasi, dan entrepreneurship.

Sujarwanto mengatakan pertemuan perguruan tinggi lintas negara tersebut membahas banyak hal termasuk pertukaran tema-tema utama kerja sama antara Indonesia dan Prancis. Tema yang disoroti, yakni lokakarya tematik yang mencakup bidang maritim, kesehatan, pertanian, pangan, energi, teknik komputer, hingga sosial dan pariwisata.

Selain itu, terdapat presentasi berbagai organisasi penelitian perguruan tinggi dua negara. Kemudian speed-datings untuk membangun jaringan dan proyek untuk universitas dan pelaku penelitian termasuk perusahaan dua negara.

“Juga ada sesi informasi yang di dalamnya mencakup sisi pendanaan, jaringan, dan inovasi,” kata Jar.

Dalam konferensi ke-12 JWG 2022, delegasi dari Indonesia dihadiri puluhan perguruan tinggi negeri dan swasta termasuk lembaga-lembaga terkait. Program ini diharapkan dapat memperkuat kemitraan Indonesia dan Prancis khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, riset, inovasi, dan publikasi dua negara.
 
Baca juga: Mendikbduristek Apresiasi Kerja Sama Pendidikan Indonesia-Prancis
 

 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id