Kemenperin Siap Hilirisasi Produk Inovasi Perguruan Tinggi

    Pythag Kurniati - 03 Agustus 2018 21:28 WIB
    Kemenperin Siap Hilirisasi Produk Inovasi Perguruan Tinggi
    Direktur Jendral IKM (Industri Kecil dan Menengah) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, Medcom.id/pythag Kurniati
    Sukoharjo:  Kementerian Perindustrian siap bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk menghilirisasi hasil inovasi yang dihasilkan oleh kampus selama ini.  Langkah menggandeng perguruan tinggi ini dilakukan Kemenperin untuk menggenjot tumbuhnya wirausahawan  baru di Indonesia.

    Direktur Jendral IKM (Industri Kecil dan Menengah) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih dalam sambutannya mengemukakan, jumlah wirausaha di Indonesia masih relatif rendah dibanding negara lainnya. Dari 237,64 juta jiwa penduduk Indonesia, jumlah penduduk yang berwirausaha hanya 3.921.082 jiwa.
    "Angka tersebut tertinggal jauh, dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand," ungkap Gati saat menghadiri Pameran Industri Kreatif, Penelitian, Pengabdian dan Binaan LPPM Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat, 3 Agustus 2018.

    Guna menggenjot jumlah wirausaha, kerja sama dengan universitas pun dilakukan.  Menurut Gati, pihak universitas biasanya memiliki hasil riset produk-produk inovasi dalam bidang industri. Hasil riset tersebut, lanjutnya, akan dipilih untuk dikembangkan bersama Kementerian Perindustrian.

    “Mana-mana yang bisa dikembangkan. Seperti misalnya keripik pare tadi, itu bagus sekali,” ucap Gati.

    Baca: Diseminasi Informasi Penting dalam Kemajuan Inovasi dan Iptek

    Kemenperin juga melakukan perekrutan terhadap sejumlah mahasiswa yang telah lulus, maupun para lulusan SMK. Mereka diberi beasiswa dan dilatih untuk menjadi wirausahwan baru.

    “Kami didik di bawah sekolah Kementerian Perindustrian,” imbuh Gati.

    Setelah itu, penerima beasiswa harus terlebih dahulu menjadi pendamping IKM selama dua tahun. Kemudian baru mereka terjun menjadi wirausaha baru yang benar-benar matang.

    Dalam upaya menumbuhkan wirausaha baru, Kementerian Perindustrian juga menyasar sejumlah komunitas. Kementerian, kata Gati, memberikan pelatihan dan melakukan restrukturisasi industri.

    “Kita bantu mesin dan peralatannya,” ucap dia.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id