Indonesia Mengalami Defisit Karakter

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 28 Februari 2020 11:55 WIB
    Indonesia Mengalami Defisit Karakter
    Dosen FISIP Universitas Indonesia Imam Prasodjo foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Dosen Fakultas ilmu sosial dan politik (FISIP) Universitas Indonesia, Imam Prasodjo menyebut, Indonesia saat ini sedang mengalami defisit karakter. Untuk itu, lulus sekolah dan mendapatkan ijazah saja tidak cukup untuk menjadi bekal memasuki dunia kerja, tapi harus dibarengi dengan karakter yang kuat.

    "Negeri ini sedang mengalami defisit karakter, sebuah nilai kejujuran, tanggung jawab, dan keadilan itu seperti dalam situasi menurun," tegas Imam kepada wartawan, di sela-sela ulang tahun ke-7 Yayasan Nara Kreatif, Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020.

    Untuk itu, kata dia, pendidikan menjadi kunci untuk memperkuat karakter tersebut. Bukan hanya pendidikan formal maupun informal, tapi juga nonformal.

    "Barangkali pendidikan menjadi sebuah gerakan, tidak hanya institusi sekolah yang ada tetapi butuh butuh sekampung untuk mendidik anak," ungkapnya.

    Imam pun mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Yayasan Nara Kreatif,  Yayasan ini tidak hanya sekadar membantu masyarakat prasejahtera untuk mendapatkan pendidikan dan mengantongi ijazah, tapi juga dibekali karakter yang kuat.

    "Nara Kreatif memberikan inspirasi kepada kita semua, bahwa kita bisa melakukan apa saja untuk memajukan negeri ini, ada dukungan atau tidak ada dukungan dari pemerintah," ungkapnya.

    Ia pun mengajak agar ada gerakan bersama, tidak hanya mengandalkan pemerintah untuk memperbaiki karakter bangsa.  "Oleh karena itu, mari kita bangun dari bawah, mengepung pasukan ketidakjujuran yang ada dan sekarang lembaga yang ada sudah penuh dan banyak orang-orang yang saya kira terorganisir di dalam membangun ketidakjujuran.  Sehingga kita seperti kehilangan arah," tegasnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id