Pengembang Teknologi Pembelajaran Diharapkan Berperan Aktif Atasi Learning Loss

    Ilham Pratama Putra - 18 November 2021 21:17 WIB
    Pengembang Teknologi Pembelajaran Diharapkan Berperan Aktif Atasi Learning Loss
    Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin) Hasan Chabibie. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra



    Jakarta: Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin) Hasan Chabibie menyebut para Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) mampu mengatasi learning loss. PTP sendiri ialah jabatan fungsional yang ada pada Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta kementerian laiinya.

    "Kita memang spesifik berkontribusi ketika terjadi PTM terbatas misalnya. Dari PTP akan bermunculan praktik baik, karena PTP ini bagian dari menyiapkan sumber daya manusia," kata Hasan di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta, Kamis, 18 November 2021.

     



    Ia mengatakan, PTP nantinya bertugas untuk melakukan analisa, mendesain, implementasi hingga mengevaluasi cara belajar berbasis teknologi. Misalnya, membentuk Learning Management System (LMS).

    Baca: UKI Pertemukan Peneliti Bidang Pendidikan dari Asia Tenggara dan Australia

    "Tentu mereka akan menganalisis kasus, apakah ada teknologi sederhana yang bisa didesain. Kemudian skenarionya seperti apa nanti dibikin LMS atau konten dan dimplementasikan ke guru, dosen, sekolah," lanjutnya.

    Menurutnya, hal seperti itu mesti dirancang, mengingat memang sudah terjadi pergeseran budaya belajar selama pandemi. Dari yang semula luring, kini menjadi daring.

    "Kita ke depan bicara hybrid kan. Kalau begitu para pendidik, sekolah, kampus harus menyiapkan skenario sebaik mungkin yang beradaptasi dengan pendekatan hybrid. Tidak lain tidak bukan kan teknologi masuk kesana," tuturnya.

    Dia berharap PTP bisa menghadirkan praktik baik berupa karya dan inovasi membantu satuan pendidikan. "Jadi kita ambil angle serentak bergerak berkolaborasi untuk SDM unggul," tutupnya.


    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id