Berita Populer Pendidikan: Kritik Tentang Asesmen Nasional Hingga Kabar Terkini Beasiswa OSC

    Arga sumantri - 13 November 2020 07:32 WIB
    Berita Populer Pendidikan: Kritik Tentang Asesmen Nasional Hingga Kabar Terkini Beasiswa OSC
    Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
    Jakarta: Kabar tentang Asesmen Nasional (AN) yang rencananya digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada April 2021 menjadi perhatian pembaca kanal Pendidikan Medcom.id, kemarin. Asesmen Nasional merupakan program pengganti Ujian Nasional (UN) yang dihapus mulai tahun depan.

    Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifa Rosyidi menyebut informasi mengenai AN masih samar di masyarakat. AN masih dianggap sama dengan UN. Unifah menduga hal ini terjadi lantaran belum ada sosialisasi masif dari Kemendikbud tentang program pengganti UN ini.

    Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Agus Sartono malah mengusulkan Asesmen Nasional diundur realisasinya hingga Oktober 2021. Hingga saat ini, ia menilai persiapan program AN belum matang.

    Selain Asesmen Nasional, kabar terkini program Beasiswa OSC Medcom.id 2020 juga jadi buruan pembaca. Teranyar, sebanyak 3.036 peserta dinyatakan lolos seleksi beasiswa OSC Medcom.id 2020 untuk tahap online test.

    1. PGRI Kritisi Sosialisasi Asesmen Nasional Kurang Lantang

    Ketum PGRI Unifah Rosyidi meminta Kemendikbud lebih lantang dalam melakukan sosialisasi Asesmen Nasional. Sosialisasi secara masif penting guna menghindari pihak-pihak yang ingin memanfaatkan situasi dengan memperjualbelikan buku kiat lolos dan lulus AN seperti layaknya ujian di era UN.

    Menurut Unifah, pemanfaatan situasi memungkinkan sebab masih banyak masyarakat menganggap AN tak ada bedanya dengan UN. Salah pemahaman ini yang kemudian harus segera diluruskan Kemendikbud.

    Baca berita selengkapnya di sini
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id