Desember, Kongres Berkebaya Nasional Digelar Virtual

    Arga sumantri - 10 November 2020 19:26 WIB
    Desember, Kongres Berkebaya Nasional Digelar Virtual
    Ketua Penyelenggara Kongres Berkebaya Nasional Lana T. Koentjoro. Tangkapan layar.
    Jakarta: Organisasi Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) bakal menggelar Kongres Berkebaya Nasional di Jakarta, pada 21-22 Desember 2020. Kongres bertajuk 'Kebaya Jati Diri Bangsa' ini bakal digelar secara virtual. 

    "Karena saat ini kita masih pandemi, maka kita menjalankan semuanya secara virtual," kata Ketua Penyelenggara Kongres Berkebaya Nasional, Lana T. Koentjoro dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 10 November 2020.

    Lana menjelaskan, acara ini bertujuan untuk melestarikan kebaya, yang merupakan warisan budaya leluhur bangsa. Acara ini dimaksudkan pula untuk memperkuat gerakan pelestarian budaya, khususnya busana tradisional Indonesia, melalui pengenalan dan ajakan menggunakan kebaya kepada generasi muda.

    Tujuan lainya, yakni untuk mendapatkan pengakuan dunia, dalam hal ini UNESCO, dengan cara mendaftarkan kebaya sebagai warisan tak benda asal Indonesia. Selain itu, mendorong pemerintah untuk menetapkan Hari Berkebaya Nasional, sehingga tahap berikutnya dapat merancang program pemberdayaan masyarakat melalui produksi dan pemasaran kebaya.

    "Acara juga bakal diisi pemberian penghargaan berkebaya dan diberikan kepada mereka yang berkomitmen selama ini untuk berkebaya," ujarnya.

    Baca: Inovasi Indonesia Expo 2020 Dorong Hilirisasi Riset

    Lana menjelaskan, sejumlah perwakilan organisasi, baik politik, sosial, profesi, akademis, atau pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap kebaya, akan mendiskusikan dan mengambil keputusan tentang pelestarian kebaya sebagai elemen budaya Indonesia. Acara ini didukung oleh Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id