Pemkab Sidoarjo Minta Sekolah Pinjamkan Komputer kepada Siswa

    Antara - 22 Januari 2021 21:19 WIB
    Pemkab Sidoarjo Minta Sekolah Pinjamkan Komputer kepada Siswa
    Ilustrasi. Foto: Medcom/Muhammad Syawaluddin



    Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur, meminta sekolah di wilayahnya meminjamkan tab atau komputer yang tidak terpakai di sekolah kepada siswa. Ini guna mendukung pembelajaran dari rumah selama pandemi.

    "Syaratnya harus dijaga, dirawat dan tanggung jawab terjadi kerusakan. Karena ini aset milik negara," kata Penjabat Bupati Sidoarjo Hudiyono di Sidoarjo, Jumat, 22 Januari 2021.






    Ia mengatakan harus ada perubahan sistemik dalam proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Pemkab Sidoarjo mendapati ada standar kurikulum belajar tatap muka mata pelajaran bahasa yang banyak terpangkas.

    "Dari enam jam sesuai kurikulum dalam satu pekan, terpangkas jadi 1,5 jam pertemuan daring dalam sepekan," ujarnya.

    Hudiyono mengaku juga menemukan banyak siswa yang tidak ikut belajar daring, jumlahnya mencapai 50 persen. Dari total 40 siswa dalam kelas, kata dia, yang ikut belajar daring hanya 20 siswa.

    Baca: Guru Curhat ke Nadiem Sulitnya Internet Selama PJJ

    "Kualitas komunikasi antara guru dengan siswa jadi evaluasi, karena dalam satu minggu hanya 1,5 jam belajarnya," ungkapnya.

    Menurutnya, temuan lain yang dihadapi para siswa adalah kualitas jaringan internet. Boleh jadi, jaringan internet di sekolah yang dipakai guru mengajar lancar-lancar saja, namun beda halnya yang dialami siswa.

    Hudiyono meninjau pembelajaran daring di sekolah SMPN 2 Sidoarjo dan SDN Pucang 2. Khusus di SMPN 2 Sidoarjo, ia menilai proses pembelajaran sudah cukup baik, karena memang salah satu sekolah favorit. 

    "Sekolah ini punya fasilitas tablet atau tab yang bisa dipinjam oleh siswa yang terkendala tidak punya telepon genggam dan juga tidak punya akses internet. Karena tablet atau tabnya sudah dilengkapi paketan internet," ujarnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id