Dosen Diminta Awasi Pelaksanaan Ospek Daring

    Ilham Pratama Putra - 17 September 2020 12:13 WIB
    Dosen Diminta Awasi Pelaksanaan Ospek Daring
    Gambar tangkapan layar dari video suasana ospek daring di Unesa yang sempat viral di Twitter. Foto: Twitter
    Jakarta: Pengamat pendidikan Andreas Tambah menyebut kegiatan pengenalan mahasiswa baru atau ospek seharusnya mendapat supervisi dan arahan dari dosen. Hal ini guna menghindari adanya materi dalam pengenalan kampus yang tidak substansial.

    "Agar tidak mempermasalahkan hal-hal yang tidak prinsipil terus seperti mesti pakai ikat pinggang. Ospek kan diserahkan ke senat mahasiswa. Jadi organisasi itu harusnya tidak lepas dari dosennya kok. Intinya bisa diarahkan untuk diubah ke hal-hal yang positif," kata Andreas kepada Medcom.id Kamis 17 September 2020.

    Menurutnya, tindakan mahasiswa senior yang hanya mengedepankan hal tidak prinsipil dan diikuti bentakan ini tidak memiliki makna sama sekali. Akibatnya, tujuan dari pembentukan karakter pada mahasiswa baru pun tidak tercapai.

    Untuk itu materi seperti itu harus diubah. Pengenalan kampus dan kemahasiswaan bukan sekadar ajang unjuk gigi para mahasiswa senior.

    "Pengenalan bukan untuk gaya-gayaan. Harus berubahlah, kalau begitu terus kita terjebak, dan kalau tidak ada hasilnya gimana? harusnya ada pertanggung jawaban, malah nanti kalau begitu terus malah ada balas dendam jadi turun menurun enggak pernah selesai," terangnya.

    Baca juga:  Ospek Online Serupa Unesa Terulang di Universitas Bengkulu

    Untuk konsep yang positif, kata Anggota Komisi Pendidikan itu, pelaksanaan ospek harus menumbuhkan loyalitas hingga menggiring mahasiswa untuk mampu berperan di tengah masyarakat. Misalnya, di tengah kondisi pandemi, mahasiswa baru bisa diarahkan untuk mambantu melakukan sosialisasi bahaya penularan virus korona (covid-19).

    "Misal bikin YouTube rekaman, tentang sosialisasi penerapan protokol kesehatan. Banyak hal yang bisa dilakukan daripada calon mahasiswa disuruh dandan disuruh pake sabuk, direkam itu apa gitu loh, maknanya Saya bingung kok masih begitu saja," ujar dia.

    Sebelumnya, tagar Unesa atau #unesa menempati peringkat pertama sebagai cuitan terpopuler di Twitter. Tagar tersebut diikuti foto maupun cuplikan video yang memperlihatkan suasana pengenalan kampus atau 'ospek daring' mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

    Baca juga:  Trending Twitter, Senior Bentak Mahasiswa Baru Unesa di Ospek Online
     
    Ramainya warganet membicarakan ospek Unesa itu bermula dari unggahan @Rafirizqu19 di Twitter. Dia mengunggah video berdurasi 30 detik dengan latar gambar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unesa tahun 2020 lengkap dengan logo Unesa.

    Video tersebut berisi mahasiswa senior Unesa yang tengah membentak-bentak mahasiswa baru. Dalam unggahannya, akun @Rafirizqu19 menuliskan keterangan video "The real ospek online". Video ini diunggah pada Senin 14 September 2020 pukul 17.42 WIB.

    Peristiwa serupa kemudian juga terulang di Universitas Bengkulu (Unib).  Mahasiswa senior tidak hanya membentak juniornya, namun juga menyuruh mahasiswa baru tersebut untuk mencoret-coret mukanya.

    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id