Kebutuhan Psikolog di Sekolah Kian Mendesak

    Ilham Pratama Putra - 27 Februari 2020 15:40 WIB
    Kebutuhan Psikolog di Sekolah Kian Mendesak
    Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta:  Untuk mengatasi maraknya tindak kekerasan di institusi pendidikan, setiap sekolah tak cukup memiliki guru Bimbingan Konseling.  Kebutuhan akan psikolog di sekolah juga kian mendesak.

    Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa menyebutkan, kehadiran psikolog sangat diperlukan untuk menekan angka kekerasan di sekolah.  Psikolog diharapkan mampu menjadi rujukan untuk mencurahkan permasalahan pribadi, baik guru maupun siswa.

    "Makanya di sekolah itu harus ada psikolog sebenarnya, kita berharap ada psikolog sekolah. Psikolog sekolah itu perlu memantau kondisi psikologis guru dan siswa," kata Ledia kepada Medcom.id, Kamis 27 Februari 2020.

    Menurutnya, kekerasan di institusi pendidikan yang masif belakangan ini muncul karena dipicu kondisi mental.  Ledia percaya, sensitivitas psikolog dalam membaca permasalahan guru maupun siswa bakal lebih tajam.

    "Ini jadi bagian yang harus dicermati. Karena kondisi psiskis guru maupun siswa itu juga sangat berpengaruh dalam tindakan mereka," ujar politisi PKS itu.

    Jika belum bisa menghadirkan psikolog, sekolah diminta memaksimalkan keberadaan guru Bimbingan Konseling (BK). Namun, diperlukan penekanan, jika ruang BK bukanlah hanya tempat bagi guru maupun siswa bermasalah. Stigma itu harus dihilangkan.

    "Padahal justru di sana bisa dimulai pemetaan. Terus kemudian dia dilatih untuk bisa mengatasi persoalannya," ujarnya.

    Agar nantinya, guru maupun pihak bimbingan konseling dapat mengatasi permasalahan guru maupun siswa.  "Nanti kemudian guru atau siswa bisa memanajemen rasa marah dia. Itu bagian yang harusnya didapat dari guru BK. Itu yang di kita belum jalan," pungkas Ledia.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id