Kemendikbud Siapkan Bantuan Dana untuk Mahasiswa Magang di Desa

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 21 Februari 2020 20:37 WIB
    Kemendikbud Siapkan Bantuan Dana untuk Mahasiswa Magang di Desa
    Suasana Rapat Kerja antara Komisi X DPR dan Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan dana bantuan untuk mahasiswa kurang mampu secara ekonomi yang ingin melakukan kegiatan di luar kampus selama dua semester.  Kegiatan di luar kampus ini dikhususkan bagi mahasiswa kurang mampu yang turun magang ke desa. 

    "Jadi kami mendengar banyak sekali permintaan di lapangan ada enggak, bisa dibantu enggak," terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Februari 2020.

    Dana bantuan ini diberikan bagi mahasiswa yang melakukan magang ke desa-desa ataupun membuat sebuah proyek di desa.  "Kalau magang di perusahaan kan lebih gampang karena dapat uang transport dan lain-lain. Tapi kalau misalnya proyek di desa atau apa kadang-kadang mereka butuh pembiayaan. Jadi kami siapkan sedikit di situ," jelasnya.

    Baca juga:  Belajar di Luar Kampus Dua Semester Setara Bobot 40 SKS

    Nadiem menambahkan, untuk mekanismenya sedang dirumuskan oleh tim di Kemendikbud dengan perguruan tinggi.  "Kita harus berkonsultasi dengan Universitas. Tapi paling tidak ada anggarannya dulu yang kami tentukan. Nanti proses skemanya akan kita umumkan," sambungnya.

    Nantinya, dana bantuan tersebut diambil dari APBN 2020. Sementara untuk besaran yang diterima nantinya setiap perguruan tinggi bisa berbeda.  "Tergantung universitas dana totalnya. Iya (APBN) 2020, kita sisihkan," jelasnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id