Perlu Restrukturisasi Sistem Persekolahan

    Intan Yunelia - 19 Agustus 2019 12:44 WIB
    Perlu Restrukturisasi Sistem Persekolahan
    ilustrasi pendidikan vokasi. ANT/Aji Styawan.
    Jakarta:  Pengamat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Said Hamid Hasan mengatakan perlu restrukturisasi sistem persekolahan di Tanah Air. Restrukturisasi mendesak dilakukan demi efisiensi alokasi anggaran pendidikan dan administrasi biaya sekolah. 

    "Pada saat sekarang untuk menghemat biaya sosial orang tua dan pemerintah sudah perlu melakukan restrukturisasi sistem persekolahan dari 6-3-3 (6 tahun SD, 3 tahun SMP, 3 tahun SMA) menjadi 6-6 atau 6-4-2," kata Pengamat Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Said Hamid Hasan kepada Medcom.id, Senin 19 Agustus 2019. 

    Melalui restrukturisasi itu, pemerintah bisa fokus untuk mengembangkan sumber daya manusia dengan mengoptimalkan pendidikan vokasi. Ketimbang enam tahun pendidikan dihabiskan untuk sekolah menengah pertama dan atas. 

    "Jika 6-6 maka dua tahun terakhir terbagi dalam dua jalur yaitu jalur akademik dan vokasional," ujarnya.

    Baca:  
    Anggaran Pendidikan Rp505,8 Triliun di 2020

    Profesor Pendidikan Sejarah UPI ini berharap, dengan kenaikan anggaran pendidikan dari Rp492,5 triliun menjadi Rp505,8 triliun dampak perubahan pendidikan semakin signifikan. Restrukturisasi ini juga tak lain menghemat biaya belanja pegawai dan administrasi sekolah. 

    "Ini menghemat orang tua dan bangsa dalam cost administasi dan kepegawaian. Serta memberi alokasi yang lebih besar untuk peningkatan kualitas pembelajaran," tuturnya.

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan alokasi anggaran fungsi pendidikan tahun 2020 meningkat cukup signifikan dalam lima tahun terakhir sejak 2015. Rencananya anggaran pendidikan 2020 dialokasikan sebesar Rp505,8 triliun.
     
    "Pada tahun 2020 anggaran Pendidikan direncanakan sebesar Rp505,8 triliun atau meningkat 29,5 persen (sejak 2015),” kata Jokowi saat Pidato Rancangan Undang-undang Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020 di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id