Indonesia Potensial Jadi Destinasi Produksi Film Internasional

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 09 Januari 2020 16:20 WIB
    Indonesia Potensial Jadi Destinasi Produksi Film Internasional
    Foto: Kemendikbud/BKLM
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meyakini, semakin majunya kemampuan sineas Indonesia akan berdampak pada peningkatan daya tarik Indonesia di mata dunia. Untuk itu Kemendikbud menjalin kerja sama dengan Netflix, untuk meningkatkan kapasitas sineas dalam negeri.

    “Dengan mengembangkan talenta yang kita punya.  Daya tarik Indonesia akan semakin besar sebagai destinasi bagi produksi film internasional,” terang Nadiem di gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Januari 2020.

    Nadiem berharap, dengan program Script to Screen sebagai hasil kerja sama Kemendikbud dengan Netflix yang mengirim sineas Indonesia ke Hollywood untuk menimba ilmu, sekaligus berinterkasi dengan komunitas film internasional bisa mengenalkan Indonesia sebagai destinasi yang apik untuk produksi film.

    “Harapan kami di Kemendikbud adalah agar Indonesia menjadi tempat syuting paling laku di dunia, berbagai macam film maker dari seluruh dunia dateng untuk syuting di sini. Karena dari perbauran itulah tim-tim lokal kita, kreator-kreator lokal kita terciptanya magic upskilling,” ungkap pria yang akrab disapa mas Menteri ini.

    Nadiem menyebut, kerja sama dengan Netflix ini masih dalam permulaan. Meski begitu, Netflix telah siap untuk menginvetasikan dananya sebesar USD1 juta atau senilai Rp14 miliar.  Nantinya ada beragam kegiatan selain mengirim 10 penulis naskah dalam negeri ke Hollywood, juga akan sejumlah ada workshop dan kompetisi konsep naskah pendek.

    Pemenangnya bakal dibiyai proses produksinya mencapai USD600 ribu.  Dengan tema besar yang diusung adalah Pancasila.  “Di luar itu juga ada beberapa workshop yang akan dilakukan Netflix, dari program pelatihan online safety yaitu bagaimana cara bertanggung jawab dalam mengonsumsi konten,” terangnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id