comscore

Resmi Dibuka, PKN 2019 Libatkan 3.600 Pekerja Seni

Citra Larasati - 08 Oktober 2019 14:03 WIB
Resmi Dibuka, PKN 2019 Libatkan 3.600 Pekerja Seni
Direktur jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid. Foto: Kemendikbud/BKLM
Jakarta:  Gelaran Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 telah resmi dibuka oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin malam, 7 Oktober 2019.  Agenda yang rencananya akan menjadi acara reguler tahunan ini melibatkan setidaknya 3.600 seniman dan pekerja seni dari seluruh Indonesia.

Berbagai pihak terlibat secara gotong royong dalam penyelenggaraan PKN yang digelar selama hampir sepekan sejak 7-13 Oktober 2019 ini.  Meliputi 58 sanggar dan komunitas, 31 seniman dan musisi, serta lebih dari 3.500 peserta pawai budaya dari 26 provinsi dan komunitas budaya. 
"Ada 245 pertunjukan budaya yang diselenggarakan, 3.600 seniman dan pekerja seni terlibat di dalamnya," kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid saat menyampaikan laporan PKN 2019 kepada Mendikbud, Muhadjir Effendy, saat pembukaan PKN di Istora Senayan, Jakarta, Senin malam, 7 Oktober 2019.

Ide digelarnya PKN sendiri muncul saat Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018 lalu.  Dalam KKI tersebut muncul banyak laporan tentang makin surutnya kehidupan berbudaya di Indonesia, utamanya di berbagai daerah.

Salah satu sebabnya adalah karena makin kuatnya kesalahpahaman yang berdampak pada intoleransi di tengah masyarakat. "Kondisi ini yang memunculkan ide perlu adanya ruang bersama yang dapat membuat anak bangsa saling menghargai dan menghormati.  Sebab jika di bidang lain kita bicara persaingan dan kompetisi, maka di kebudayaan yang ada adalah bahasa kerja sama, gotong royong, dan kolaborasi," terangnya.

Menurut Hilmar, agenda PKN akan ditutup dengan gelaran Pawai Budaya yang tidak hanya diikuti 3.500 peserta, namun juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Hilmar mengatakan, PKN yang persiapannya dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama ini ternyata menyedot animo masyarakat yang sangat tinggi.  

"Jumlah pengunjung per hari ini saja (Senin) yang terdaftar dalam sistem online kami sudah mencapai 290.000 pengunjung," sebut Hilmar.

Tingginya animo ini juga yang memunculkan wacana PKN akan digelar menjadi agenda tahunan budaya di masa mendatang.  Bahkan PKN juga digadang-gadang dapat menjadi salah satu agenda nasional yang dapat dijual menjadi paket wisata budaya di internasional.

"Pembicaraan saya dengan Mendikbud, nantinya ini akan jadi reguler di Indonesia. Kalau tahun depan akan berlangsung Pekan Olahraga Nasional (PON), maka PKN ini ibaratnya PON kebudayaannya," tutup Hilmar.

Pekan Kebudayaan Nasional merupakan agenda tahunan kebudayaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Agenda ini digelar mulai 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan dan Parkir Selatan, Gelora Bung Karno (GBK).
 
Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Masyarakat cukup mendaftarkan diri ke laman pkn.kebudayaan.id untuk mendapatkan tiket masuk.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id