comscore

Kemendikbudristek: Vaksin Ditetapkan Sebagai 'Kata Tahun Ini'

Ilham Pratama Putra - 28 Desember 2021 16:24 WIB
Kemendikbudristek: Vaksin Ditetapkan Sebagai Kata Tahun Ini
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan kata vaksin sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2021. Kata vaksin ditetapkan sebagai KTI 2021 berdasarkan pertimbangan popularitas kata vaksin di berbagai kalangan.

"Dibuktikan dengan data dari Google Trends, serta keluasan distribusinya," ujar Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa, 28 Desember 2021.
Ia mengatakan, kata vaksin diikuti beberapa kata lain. Seperti infodemik, krisis iklim, darurat iklim, krofel, lokapasar dan presidensi.

Aminudin menyatakan jika kata vaksin sebenarnya bukanlah kata baru di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata ini kembali ramai dibicarakan dan dicari kembali semenjak pandemi covid-19 melanda.

Baca: LTMPT Umumkan Kuota Sekolah Sore Ini, Yuk Cek Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2022

"Popularitas kata vaksin pada tahun 2021 kian meningkat menjadi sangat tinggi karena sejak awal tahun pemerintah berupaya melakukan vaksinasi untuk menanggulangi covid-19 dan melindungi masyarakat," tuturnya.

Adapun topik yang berkaitan dengan pencarian kata vaksin di mesin pencari Google pada tahun ini adalah peduliLindungi, sertifikat vaksin, lokasi vaksin terdekat, efek vaksin, dan jenis-jenis vaksin. Selain itu selogan "Saya sudah divaksin" menjadi kampanye positif yang paling populer dimasa pandemi.

"Dilihat dari segi popularitas, penggunaan, dan distribusinya di seluruh provinsi di Indonesia, kata vaksin merupakan kata yang tepat untuk dijadikan Kata Tahun Ini di tahun 2021. Melalui KTI 2021 ini, Badan Bahasa juga turut mendukung upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19," tutupnya.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id