comscore

IPB Bekali Pengajar yang Ikut Program Dosen Pulang Kampung Kemampuan Menulis Berita

Renatha Swasty - 23 Mei 2022 17:48 WIB
IPB Bekali Pengajar yang Ikut Program Dosen Pulang Kampung Kemampuan Menulis Berita
Dosen IPB yang mengikuti program Dosen Pulang Kampung dibekali cara menulis berita. DOK IPB
 Jakarta: Dosen IPB University yang akan mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) mengikuti pelatihan publikasi berita media massa. Kegiatan yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University ini menghadirkan Redaktur Senior Republika, Irwan Kelana; Kepala Bagian Humas Biro Komunikasi IPB University, Siti Nuryati; dan dosen Sekolah Vokasi IPB University, Ahmad Aulia Arsyad. 

Kepala LPPM, Ernan Rustiadi, menyampaikan banyak inovasi dan kerja ilmiah yang telah dilakukan dosen. Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat.  
“Saya berharap kegiatan Dospulkam ini dapat bermanfaat di kampung halaman yang menjadi tujuan dosen tersebut. Setelah itu, kegiatan dosen di kampungnya masing-masing ini dapat diinformasikan kepada khalayak, sehingga publikasi menjadi penting. Untuk itu dosen akan membutuhkan pengetahuan teknis mengenai publikasi berita di media massa,” ujar Ernan dalam keterangan tertulis, Senin, 23 Mei 2022. 
 
Sementara itu, Wakil Kepala LPPM IPB University Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Sofyan Sjaf, menyampaikan momen Dospulkam ini sangat tepat dengan visi IPB University di 2022. Yakni Enriched and Empowered Society.  

“Semua kegiatan Dospulkam di desa itu akan menjadi berita penting buat masyarakat Indonesia. Agar berita lebih efektif, melalui acara ini Dospulkam akan mendapat masukan dan materi-materi dari narasumber,” ucap dia. 

Kepala Bagian Humas IPB University, Siti Nuryati, menyampaikan pihaknya siap memfasilitasi Dospulkam menampung tulisan-tulisan terkait kegiatan tersebut. Tulisan-tulisan itu bakal tayang di website IPB University dan e-Buletin IPB Today. 

"Tulisan kegiatan juga berpeluang diolah sebagai konten media sosial serta produk siaran pers yang akan kami kirim ke sekitar 100 media massa lokal juga nasional,” ujar dia. 
 
Siti juga memaparkan data siaran pers yang diproduksi IPB University tentang pengabdian masyarakat pada enam bulan terakhir. Ada beragam topik yang diangkat, yakni Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi, stunting, urban farming, demplot, pengolahan limbah, wisata desa dan pelatihan untuk siswa SMA. 

"Kami tunggu karya dan topik-topik lainnya yang tentu masih sangat banyak sekali,” ucap dia.  

Sementara itu, Redaktur Senior Republika Irwan kelana menyampaikan tips mudah membuat tulisan menarik. Dia mengatakan kunci dasar membuat tulisan dengan konsep piramida terbalik, yakni 5W 1H. 

“Kegiatan Dospulkam akan menghasilkan banyak berita penting dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, menulis berita bisa menjadi bentuk pertanggungjawaban kegiatan. Dapat juga menginspirasi masyarakat melalui tulisan dan memberikan informasi yang membantu masyarakat,” ucap dia.  

Sementara itu, dosen Sekolah Vokasi IPB University Ahmad Aulia Arsyad juga memberikan
tips mengambil foto dengan kamera ponsel. Foto bisa melengkapi tulisan agar lebih menarik.  

Baca: IPB Kirim Dosen Pulang Kampung Bawa 'Oleh-oleh' Inovasi
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id