comscore

Unand Pastikan UKT Tidak Naik Setelah Status PTNBH

Citra Larasati - 12 April 2022 11:27 WIB
Unand Pastikan UKT Tidak Naik Setelah Status PTNBH
Kampus Unand. Foto: Dok. Unand
Jakarta: Rektor Univesitas Andalas (Unand), Yuliandri menegaskan, jika Uang Kuliah Tunggal (UKT) dipastikan tidak naik meskipun saat ini status Unand telah berubah menjadi PTNBH.  Perubahan status Unand ini berdasarkan PP Nomor 95 Tahun 2021. 

UKT untuk calon mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023 baik yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN sama dengan mahasiswa lama.  Yuliandri juga menyampaikan, bahwa UKT mahasiswa tergolong murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan PTNBH lain yang ada di Indonesia.
Besaran UKT ini tergantung Kelompok dan Program Studi, mulai dari Kelompok I sampai Kelompok VII.  Semua Program Studi menyediakan UKT Kelompok I dengan besaran Rp500.000 per semester dan Kelompok II yaitu Rp1,9 juta per semester.

Lalu, kelompok III sampai Kelompok VII ada variasi tergantung biaya operasional pendidikan pada program studi.  Kelompok VII yang tertinggi berkisar dari Rp3.000.000-Rp12.000.000 per semester. 

Selanjutnya, Yuliandri menambahkan, bahwa dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN yang baru diumumkan pada 29 Maret, sebanyak 530 dari jumlah total yang diterima 1.427 orang tercatat diterima dengan pembiayaan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Baca juga:  Sah! Universitas Andalas Jadi PTN-BH ke-13 di Indonesia

Menurutnya, calon mahasiswa dinyatakan diterima KIP-K diberi kemudahan registrasi dengan tagihan Rp0 (nol rupiah).  “Hal ini merupakan komitmen Universitas Andalas peduli terhadap calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi dengan latar belakang ekonomi keluarga tidak mampu,” tekannya. 


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id