PKS dan Muhammadiyah Harap Permendikbudristek PPKS Diperbaiki

    MetroTV - 11 November 2021 12:19 WIB
    PKS dan Muhammadiyah Harap Permendikbudristek PPKS Diperbaiki
    Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Khudzaifah Dimyati. Metro TV



    Jakarta: Anggota Komisi X DPR Fraksi PKS Fahmy Alaydroes meminta Kemendikbudristek menghapus frasa "tanpa persetujuan korban" dalam Pasal 5 ayat 2 Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Muhammadiyah juga mendorong hal yang sama.

    "Saya pikir Permen ini akan lebih komprehensif, semua akan menerima,” ujar Fahmy dalam program Hot Room di Metro TV, Rabu, 10 November 2021.

     



    Fahmy menyebut perbuatan asusila seksual dengan persetujuan korban yang dijabarkan dalam Permendikbudristek pada realitanya banyak terjadi. Fahmy berharap aturan tersebut tidak hanya untuk mencegah kekerasan seksual, tetapi juga mencegah pelanggaran asusila seksual.

    “Permen ini harus sejalan, bukan hanya sekedar melakukan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, tetapi juga melakukan pencegahan dan penanganan asusila seksual,” tegas Fahmy.

    Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Khudzaifah Dimyati mengeluarkan pernyataan dengan pernyataan Fahmy. Khudzaifah meminta Permendikbudristek tersebut dicabut dan diperbaharui kembali.

    “Muhammadiyah ingin agar Permen tersebut dicabut, tetapi kemudian memperbaharuinya,” kata Khudzaifah.

    Baca: Akademisi Minta Kemendikbudristek Gercep Cabut Permendikbudristek PPKS

    Khudzaifah mengaku keberatan karena penggunaan bahasa yang dinilai mengganggu. Selain itu, Khudzaifah menekankan produk politik seharusnya memberikan kesejahteraan, keadilan, perlindungan untuk semua orang.

    Pasal 5 ayat (2) Permendikbud PPKS memuat frasa "tanpa persetujuan korban" yang dinilai mendegradasikan substansi kekerasan seksual. Hal itu dinilai tak lagi menggunakan standar nilai agama dan Ketuhanan Yang Maha Esa untuk menentukan benar-salah aktivitas seksual. (Widya Finola Ifani Putri)


    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id