Kasus Covid-19 Meningkat, Orang Tua Siswa Berpikir Ulang Izinkan PTM Terbatas

    Ilham Pratama Putra - 10 Juni 2021 10:39 WIB
    Kasus Covid-19 Meningkat, Orang Tua Siswa Berpikir Ulang Izinkan PTM Terbatas
    Ilustrasi. Dok Antara.



    Jakarta: Pengurus Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) SMA Lab School Jakarta Elindra Yeti mengatakan khawatir atas meningkatkan kasus covid-19 di Indonesia. Ia pun menimbang kembali melepas anaknya kembali ke sekolah menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

    "Membuat orang tua berpikir ulang seribu kali untuk melepas anak untuk sekolah tatap muka," kata Yeti kepada Medcom.id, Kamis, 10 Juni 2021.

     



    Menurutnya, peningkatan kasus jelang PTM terbatas di tahun ajaran baru 2021/2022 sangat disayangkan. Sebab, akan membuat banyak orang tua menunda melepas anak ke sekolah.

    "Saya sih tidak mengeklaim peningkatan kasus karena mudik lebaran. Tapi memang masyarakat sudah mulai longgar terhadap protokol kesehatan," ujar dia.

    Baca: Pertama Kalinya USU Masuk Pemeringkatan Kampus Top Dunia

    Sekarang, kata dia, tinggal bagaimana orang tua dan sekolah saling berkoordinasi untuk menggelar PTM terbatas. Hal ini agar orang tua merasa yakin jika kegiatan bersekolah sangat aman di tengah pandemi.

    "Orang tua harus percaya ya bahwa di sekolah itu terjaga protokol kesehatannya. Tentu penting adanya koordinasi antara orang tua dengan pihak sekolah, mengetahui sejauh mana sekolah bisa menjaga prokes ini," ungkapnya.

    Pemerintah mendorong sekolah menyediakan opsi belajar tatap muka. Kebijakan ini ditegaskan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri. Melalui SKB tersebut, sekolah wajib menyediakan opsi PTM terbatas. Terlebih bila guru dan tenaga kependidikannya sudah disuntik vaksin covid-19.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id