Vaksinasi Covid-19

    Kelebihan Vaksin Sinovac Versi Pakar UGM

    Citra Larasati - 22 Januari 2021 13:12 WIB
    Kelebihan Vaksin Sinovac Versi Pakar UGM
    Ilustrasi vaksin. Medcom.id
    Jakarta:  Dokter Spesialis Paru RSA Universitas gadjah Mada (UGM), dr. Astari Pranindya Sari, M.Sc., Sp.P. menyebutkan sejumlah kelebihan yang dimiliki vaksin covid-19 Sinovac.

    Menurut Astari pemilihan vaksin Sinovac dibandingkan dengan lainnya karena vaksin tersebut memiliki kelebihan lebih stabil. Ia menyebut secara prinsip sebenarnya kurang lebih sama, karena yang disasar adalah pembentukan antibodi terhadap Protein S pada virus.

    Namun, untuk Sinovac prosesnya dengan menggunakan inactivated virus atau virus yang telah dimatikan. Sementara untuk lainnya, seperti Pfizer dan Moderna yang memodifikasi mRNA  virus tanpa mematikannya lebih tidak stabil, walaupun efikasinya lebih tinggi.

    “Ketidakstabilan itu merujuk pada penyimpanan vaksin diperlukan suhu minus sekian. Kemudian meneruskan informasi dari BPOM, di Amerika ada kasus penggunaan vaksin ini menyebkan Serious Adverse Event atau situasi fatal terhadap pasien. Sementara untuk Sinovac yang telah melewati uji klinis fase 3 di Indonesia belum pernah menemui kasus serupa,” ungkapnya, Jumat, 22 Januari 2021.

    Baca juga:  Pakar UGM Ungkap Dua Alasan Pentingnya Vaksinasi Covid-19

    Terakhir, mengenai kemungkinan mutasi virus berdampak pada efektivitas vaksin, Astari berpesan agar masyarakat tidak perlu khawatir. Hal itu karena informasi terhadap mutasi selama ini masih minim dan tidak jelas mutasi tersebut terjadi pada bagian virus yang mana.

    “Vaksin yang ada sekarang bekerja untuk memblok Protein S yang bentuk dan beroperasinya seperti tangan dari virus tersebut. Selama mutasi yang terjadi tidak pada tangan tersebut, semisal pada badannya maka antibodi dari vaksin tetap bisa membloknya,” pungkasnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id