Wisma Makara UI, Lokasi Isolasi Pasien Covid-19 Terbaik di Jawa Barat

    Arga sumantri - 03 Desember 2020 12:24 WIB
    Wisma Makara UI, Lokasi Isolasi Pasien Covid-19 Terbaik di Jawa Barat
    Ilustrasi. Foto: MI/Lilik Darmawan
    Depok: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi Wisma Makara Universitas Indonesia (UI) yang jadi lokasi isolasi mandiri khusus pasisen covid-19 tanpa gejala klinis. Ridwan Kamil menilai Wisma Makara UI jadi salah satu lokasi isolasi terbaik di Jawa Barat.

    "Wisma Makara UI ini merupakan salah satu tempat karantina mandiri yang paling bagus se-Jawa Barat, mengingat Wisma Makara ini memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan terhadap pasien dengan tanpa gejala klinis," ucap Ridwan Kamil mengutip siaran pers UI, Kamis, 3 Desember 2020.

    Wisma Makara UI mulai resmi beroperasional pada Jumat, 20 November 2020. Keterlibatan Wisma Makara UI merupakan bagian dari upaya UI mendukung program pemerintah guna percepatan penanganan covid-19, khususnya di Kota Depok.

    Wisma Makara UI merupakan penginapan dan tempat pertemuan yang dikelola oleh Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) Makara Hospitality Management (MHM), di bawah pengawasan Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha (DPPU UI). Gedung yang berada di sebelah utara Hutan Kota UI ini menyediakan fasilitas penginapan setara bintang tiga.

    Baca: IPB Sediakan 200 Kasur untuk Isolasi Mahasiswa di Asrama

    Gedung Wisma Makara UI terdiri atas empat lantai dan memiliki kamar sebanyak 67 unit. Sebagai lokasi isolasi mandiri khusus pasien covid-19, Wisma Makara menyiapkan kapasitas sebanyak 120 tempat tidur, yang diprioritaskan bagi warga KTP Kota Depok. Fasilitas yang tersedia di antaranya jaringan internet di dalam kamar untuk memudahkan komunikasi dengan tenaga kesehatan, maupun petugas wisma, serta layanan konsumsi, dan binatu.

    Pihak Wisma Makara menyatakan, telah meniadakan penerimaan tamu sejak Rabu, 18 November 2020. Tepat di hari tersebut, Wisma Makara UI juga melakukan upaya sterilisasi, serta simulasi pelayanan pasien covid-19, mulai dari menerima pasien check in, cara menyiapkan dan memberikan makanan, mencuci pakaian, menjalin komunikasi by WhatsApp dengan pasien, hingga proses check out.
     

    Halaman Selanjutnya
    Kepala UKKPPM MHM Wisma Makara…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id