Legislator Nilai PP SNP Tak Beri Perubahan Signifikan

    Ilham Pratama Putra - 10 Mei 2021 14:22 WIB
    Legislator Nilai PP SNP Tak Beri Perubahan Signifikan
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Anggota Komisi x DPR Ferdiansyah menilai tak banyak perubahan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Menurut dia, PP tersebut hanya menjawab masalah penghapusan Ujian Nasional (UN)

    "PP 57 hanya menjawab masalah UN menjadi AN (Asesmen Nasional). Bahkan PP 57 tidak ubahnya PP sebelumnya," kata Ferdiansyah, dalam webinar Vox Point Indonesia, Minggu, 9 Mei 2021.

     



    Menurutnya, pemerintah kerap menyebut PP tentang SNP yang diterbitkan ini untuk perubahan. Namun, bagi dia, PP tersebut tak membawa perubahan nyata dan signifikan.

    Ferdiansyah mengatakan, PP tersebut justru memantik polemik publik. Bagi dia, polemik ini bukti komunikasi Kemendikbudristek dengan pemangku kepentingan pendidikan belum berjalan baik.

    "Padahal niatnya berubah. Karena dia tidak melibatkan segala pemangku kepentingan dan tidak pernah bertanya kepada yang membuat UU Sisdiknas, makanya keseleo sendiri. Itu yang sangat disayangkan," terangnya.

    Baca: APSI Protes PP SNP Hilangkan Fungsi Pengawas Sekolah

    Dia meminta pemerintah konsisten dalam mengeluarkan regulasi. Ia menegaskan, butuh aturan yang komprehensif guna menjawab permasalahan pendidikan di Tanah Air yang kompleks.

    "PP itu kalau mau konsisten. Satu atau dua PP bisa mengatur semua. Jangan sampai kayak, kalau ada masalah di mana jawabannya selalu itu di atur di PP yang lain. Pertanyaannya PP yang mana," tuturnya.

    PP Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan memantik polemik. Beberapa poin regulasi itu menjadi sorotan masyarakat. Misalnya, terkait isu penghapusan Pancasila sebagai mata kuliah wajib.

    Poin lainnya, yakni soal penghapusan pengawas sekolah. Dalam PP tersebut, selain pimpinan perguruan tinggi, komite sekolah juga dapat menjalankan fungsi pengawasan kepada sekolah. Hal ini dinilai akan menjadi masalah.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id