Nadiem Minta Guru Manfaatkan Pandemi Sebagai Laboratorium

    Ilham Pratama Putra - 08 Oktober 2020 10:38 WIB
    Nadiem Minta Guru Manfaatkan Pandemi Sebagai Laboratorium
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Zoom
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meminta para guru untuk memanfaatkan situasi pandemi covid-19 sebagai sebuah laboratorium bersama.  Laboratorium tersebut guna menemukan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

    "Karena sekarang sudah saatnya kita menata ulang pendidikan. Sekarang saatnya kita melihat lebih jauh apa yang sebenarnya paling dibutuhkan para guru dan murid. Apa yang dibutuhkan bangsa ini agar mampu melakukan lompatan-lompatan ke depan," kata Nadiem, dalam peringatan Hari Guru Sedunia yang digelar secara virtual, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Guru diminta untuk bekerja secara kolektif.  Guru harus bisa menemukan solusi atas tantangan, terlebih di masa pandemi virus korona (covid-19).

    "Para guru tidak hanya gigih bekerja sendiri, tapi juga bergerak secara kolektif demi menemukan solusi atas tantangan, demi menghasilkan inovasi belajar mengajar yang memudahkan," sambung Nadiem.

    Baca juga:  Dilema Pembelajaran Jarak Jauh untuk Anak Berkebutuhan Khusus

    Hingga saat ini, Nadiem melihat kemampuan guru sudah lebih baik dalam menghadapi krisis. Namun hal itu belum cukup, dia ingin guru terus melakukan lompatan dan mengambil hikmah dari masa pandemi ini.

    "Sekarang kita perlu berpikir jauh, melompat dari masa pandemi. Pandemi ini telah memberikan hikmah yang begitu berharga, sehingga ketika nanti ada tantangan besar lagi, kita sudah jauh lebih siap menghadapi krisis," ungkapnya.

    Pada peringatan hari Guru Sedunia tahun ini, Nadiem mengingatkan jika peran guru tidak lagi hanya sekadar mengajar. Guru juga harus berperan untuk menyejahterakan murid.

    "Hari guru sedunia tahun ini perlu kita maknai secara khusus. Bagaimana peran guru adalah sangat mulia.  Para guru tidak hanya memastikan kelangsungan pembelajaran, tapi juga berperan lebih dalam mendukung kesehatan mental, dan kesejahteraan murid mereka," kata Nadiem.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id