Anggaran Bantuan Kuota Internet Turun, Begini Hitungan Kemendikbud

    Ilham Pratama Putra - 03 Maret 2021 20:53 WIB
    Anggaran Bantuan Kuota Internet Turun, Begini Hitungan Kemendikbud
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Alokasi anggaran subsidi kuota internet tahun ini mengalami penurunan dibandingkan 2020. Selain jumlah kuota yang diberikan berkurang, pemangkasan anggaran disebabkan sejumlah faktor lain. 

    Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud Hasan Chabibie menerangkan, pada 2020 jumlah penerima subsidi kuota mencapai 35 juta orang. Sedangkan tahun ini, terdata sekitar 30 juta orang.






    "Artinya ada lima juta lebih yang pemakaiannya tidak sampai satu gigabyte," ujar Hasan dalam bincang Kemendikbud secara daring, Rabu 3 Maret 2021.

    Baca: Anggaran Bantuan Kuota Internet Turun, Tahun Ini Hanya Rp2,6 Triliun

    Hasan menekankan, penerima yang diketahui hanya memanfaatkan subsidi kuota kurang dari satu gigabyte, tak lagi diberikan bantuan kuota. Dana yang tak terpakai dari penggunaan kuota di bawah satu gigabyte pada tahun lalu pun dikembalikan pada negara.

    "Yang mennggunakan di bawah satu gigabyte itu bisa jadi mereka sudah ada opsi yang lain dengan memanfaatkan WiFi," terang Hasan.

    Kemendikbud bakal kembali mengevaluasi proses pemanfaatan subsidi kuota 2021. Jika masih terdapat penggunaan di bawah satu gigabyte, pihaknya akan merevisi alokasi anggaran kembali.

    "Yang penggunaannya di bawah satu gigabyte, nol byte itu akan kami jadikan evaluasi juga, dan habisnya (anggaran sebesar Rp2,6 triliun) tidak akan segitu juga," ungkapnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id