3 Perguruan Tinggi Uni Eropa Gabung Konsorsium Kampus Merdeka

    Ilham Pratama Putra - 03 Maret 2021 14:22 WIB
    3 Perguruan Tinggi Uni Eropa Gabung Konsorsium Kampus Merdeka
    Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam. Zoom.



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mengembangkan program Kampus Merdeka. Kemendikbud membangun konsorsium bernama Indonesia Higher Education Leader (iHiLead) guna mendukung implementasi program.

    Beberapa kampus dari negara Uni Eropa pun masuk dalam konsorsium ini. Setidaknya ada tiga perguruan tinggi Uni Eropa bergabung dalam konsorsium iHiLead.






    "Tiga perguruan tinggi asing terdiri dari University of Gloucestershire, International School for Business and Social Studies (ISBSS) dari Slovenia, dan University of Granada dari Spanyol," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam dalam keterangannya, Rabu, 3 Maret 2021.

    Terdapat tujuh perguruan tinggi Indonesia yang turut bergabung. Di antaranya President University, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjajaran dan STIE Malangkucecwara.

    Baca: Ingin Jadi PTNBH, Unesa Studi Banding ke UNS

    Nizam menyampaikan tujuan akhir konsorsium ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia melalui reformasi kepemimpinan di lingkungan kampus. Diharapkan, lulusan perguruan tinggi semakin mampu menjawab kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

    Selain itu, tujuan yang ingin dicapai konsorsium adalah untuk menggali best practice dari kampus di Uni Eropa yang menjadi mitra konsorsium. Hal ini mencakup pembuatan desain dan delivery dari kerangka pengembangan kepemimpinan, jejaring dan program-program.

    "Semua itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan manajerial dari pimpinan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia," lanjutnya.

    Dari konsorsium ini, Nizam juga ingin membangun jejaring pemimpin dan jajaran manajemen di kampus. Kemudian, anggota kampus konsorsium menyelenggarakan pelatihan untuk tenaga kependidikan.

    "Perguruan tinggi yang menjadi anggota konsorsium nantinya juga mampu menyebarluaskan ini dilakukan bukan hanya untuk berbagai perguruan tinggi di Indonesia, tetapi juga di Uni Eropa dan dunia," ungkap dia. 

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id