Nadiem: Tugas Kita Meneruskan Perjuangan Ibu Kartini

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 21 April 2021 20:54 WIB
    Nadiem: Tugas Kita Meneruskan Perjuangan Ibu Kartini
    Mendikbud Nadiem ucapkan selamat Hari Kartini (Foto: Instagram @nadiemmakarim)



    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengucapkan selamat hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Selasa, 21 April 2021 kepada seluruh perempuan Indonesia. Ucapan ini ia sampaikan melalui unggahan di akun Instagramnya @nadiemakarim.

    Selamat hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia,” tulis Nadiem dalam unggah fotonya bersama guru-guru, Rabu, 21 April 2021.






    Nadiem juga menjelaskan bahwa kesetaraan laki-laki dan perempuan yang ada saat ini merupakan buah dari perjuangan Raden Ajeng Kartini. Menurutnya jika Kartini tidak menuliskan dan memperjuangkan pemikirannya hal tersebut tidak akan dirasakan hari ini.

    Jika Ibu Kartini tidak menuliskan dan memperjuangkan pemikirannya, kita tidak akan ada di sini, hari ini. Di mana laki-laki dan perempuan dari semua lapisan memiliki kebebasan setara untuk mendapatkan pendidikan dan kesempatan mencapai cita-citanya,” tulis Nadiem

    Mas menteri juga menyampaikan, bahwa apa yang dilakukan Kartini itu baru awal dan harus tetap diteruskan perjuangannya. Selain itu, perlu juga diperjuangkan ruang aman bagi perempuan dalam meraih pendidikan.

    Banyak tugas kita untuk meneruskan perjuangan Ibu Kartini, tidak hanya membukakan jalan, namun juga menjaga ruang yang aman terutama bagi perempuan dalam meraih pendidikan mereka,” sambungnya.

    Baca juga:  Profesor Uut Ingin Peneliti Perempuan Lebih Berani Unjuk Gigi

    Kartini merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional yang dikagumi oleh hampir seluruh perempuan di Tanah Air. Bagaimana tidak? Di usianya yang terbilang belia, Kartini sudah memiliki pemikiran yang kritis dan sangat gigih untuk memajukan perempuan Indonesia kala itu.
     
    Sayangnya, upaya Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita tidak bisa berlangsung lama. Ia wafat di usia 25 tahun tepat empat hari usai melahirkan putranya, RM Soesalit Djojoadhiningrat.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id