IPB Jalin Kerja Sama dengan Polissia National University Ukraina

    Arga sumantri - 26 November 2020 21:43 WIB
    IPB Jalin Kerja Sama dengan Polissia National University Ukraina
    Rektor IPB Arif Satria dalam acara penekenan MoU dengan Polissia National University Ukraina secara daring. Foto: Dok Humas IPB.
    Bogor: IPB University resmi melakukan kerja sama dengan Polissia National University, Ukraina. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

    Rektor IPB University Arif Satria menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, kolaborasi dengan berbagai pergurun tinggi di dunia sangat penting dilakukan. 

    "Kerja sama ini diharapkan dapat saling menguntungkan karena sivitas akademika bisa saling belajar dan bekerja sama dengan perguruan tinggi di dunia," kata Arif melalui keterangan tertulis, Kamis, 26 November 2020.

    Beberapa kesempatan yang dapat dijalankan antara kedua pihak melalui kerja sama ini adalah pertukaran staf dan mahasiswa, pelaksanaan seminar dan summer course, serta penelitian internasional bersama. Keinginan IPB University untuk bekerjasama disambut baik oleh Rektor PNU, Oleg Skydan, yang sangat antusias atas kegiatan-kegiatan bersama antara kedua universitas di masa depan.

    "Penyusunan Memorandum of Agreement (MoA) perlu segera dilakukan setelah MoU ditandatangani kedua belah pihak. Dengan demikian, implementasi program dapat segera berjalan," ucap Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi.

    Kerja sama antara IPB dan PNU ini didukung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kiev dan melibatkan Direktorat Program Internasional IPB University secara intensif. Komunikasi berkala dilakukan antara Counsellor Pensosbud Erna Herlina dan Asisten Direktur Kerja Sama dan Hubungan Internasional IPB University, Dase Hunaefi.

    Baca: IPB: Tiga Tahun Lagi Indonesia Punya Daging Domba Premium

    Asisten Direktur Kerja Sama dan Hubungan Internasional, IPB University, Dase Hunaefi menyampaikan IPB dengan PNU akan melakukan kerja sama dalam bidang pertanian dalam arti luas. Sementara, saat ini dikhususkan untuk Student Exchange dan Joint Supervision dan diharapkan mahasiswa peserta mendapatkan Credit Transfer hasil dari kegiatan tersebut.

    Dase menambahkan, PNU merupakan perguruan tinggi yang unggul di bidang pertanian, sehingga kerja sama ini dinilai tepat jika saling transfer pengetahuan bersama dengan IPB University. "Ini merupakan kali pertama IPB University menjalin kerjasama dengan PNU. Kerjasama rencananya akan terjalin selama lima tahun dan bisa diperpanjang," jelas Dase.

    Dase menyebut langkah awal yang akan segera dilakukan antara kedua belah pihak adalah Transfer Credits Learning. Upaya ini dilakukan karena adanya Kampus Merdeka mendorong mahasiswa untuk lebih mengeksplorasi pengalaman di luar kampusnya. 

    Dari kerja sama ini, sudah dilaksanakan beberapa kegiatan awal, yakni mahasiswa PNU sudah ada yang mendaftar untuk program summer yang dilaksanakan oleh IPB University.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id