Kasus Covid-19 Meningkat, Bantul Batalkan Pembelajaran Tatap Muka

    Antara - 06 Januari 2021 20:14 WIB
    Kasus Covid-19 Meningkat, Bantul Batalkan Pembelajaran Tatap Muka
    Tangkapan layar keterangan resmi terkait penundaan pembelajaran tatap muka di Bantul. Foto: Dok Antara.
    Bantul: Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menunda rencana menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada seluruh satuan pendidikan. Kebijakan ini menyusul masih tingginya penularan covid-19 di wilayah itu.

    Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Isdarmoko penundaan juga dilakukan untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga sekolah serta mencegah terjadinya klaster sekolah.

    "Pertimbangan yang mendasari penundaan pembelajaran tatap muka di seluruh satuan pendidikan adalah karena kesehatan dan keselamatan seluruh warga sekolah," kata Isdarmoko di Bantul, Rabu, 6 Januari 2021.

    Ia mengatakan, sistem pembelajaran di sekolah semua tingkatan sejak PAUD sampai SMP pada Tahun Ajaran 2020/2021 tetap dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring, luring, dan juga kombinasi keduanya.

    Baca: Siswa di Mataram Tak Wajib Ikut Pembelajaran Tatap Muka

    Isdarmoko mengatakan, metode guru kunjung juga diterapkan dalam rangka penguatan pembelajaran. Selain itu, ada progam layanan konsultasi pelajaran.

    Pelaksanaan guru kunjung maupun layanan konsultasi pelajaran diminya sesuai prosedur dengan melihat kondisi daerah. Artinya pihak sekolah wajib berkoordinasi dengan tim penanggulangan covid-19 kecamatan. 

    "Di samping itu harus ada izin dari komite dan juga orang tua," ujarnya.

    Isdarmoko berharap kepada orang tua atau wali masing-masing siswa untuk memberikan dukungan dan partisipasi dalam memaksimalkan PJJ. Caranya, dengan selalu mengawasi dan mendampingi anak-anak belajar di rumah.

    Disdikpora Bantul sejatinya sudah bersiap menggelar PTM terbatas. Menandai persiapan, Bantul telah merencanakan uji coba PTM di sejumlah satuan pendidikan. Namun, kasus covid-19 yang terus meningkat membuat rencana itu urung digelar.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id