Hari Peduli Autisme Sedunia

    Hak Pendidikan Anak Autis Harus Tetap Terpenuhi di Masa Pandemi

    Arga sumantri - 03 April 2021 09:40 WIB
    Hak Pendidikan Anak Autis Harus Tetap Terpenuhi di Masa Pandemi
    Dosen Pendidikan Khusus (PKh) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Joko Yuwono. Foto: Dok Humas UNS.



    Solo: Sejak 2007, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan tanggal 2 April setiap tahunnya untuk diperingati sebagai Hari Peduli Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day). Momentum ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengenal anak autis secara mendalam. 

    Dosen Pendidikan Khusus (PKh) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Joko Yuwono mengatakan, anak dengan autisme memiliki hak-hak yang harus dipenuhi di masa pandemi covid-19. Akses kesehatan adalah yang utama. 






    "Orang tua dan guru harus memastikan anak-anak autis tetap berada di rumah, terawasi, dan terlindungi dari bahaya virus covid-19 yang membabi buta," jelas Joko mengutip siaran pers UNS, Sabtu, 3 April 2021. 

    Peneliti di Pusat Studi Difabilitas (PSD) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS itu menambahkan, akses pendidikan juga harus tersedia bagi anak dengan autisme. Para orang tua maupun guru harus memastikan layanan pendidikan yang bermakna dan tepat bagi mereka.

    Baca: Kemendikbud Berencana Bangun Pusat Prestasi Siswa Berkebutuhan Khusus

    Menurut dia, guru dapat menyiasatinya dengan mengembangkan kreativitas untuk menjangkau anak-anak. Begitu pun orang tua anak autis, mereka dapat memaksimalkan aktivitas di rumah sebagai bagian dari stimulasi perkembangan anak agar tetap tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

    Dalam merawat anak autis, tentu orangtua akan menghadapi berbagai persoalan. Joko memaparkan, terdapat empat tantangan yang dihadapi orang tua yakni berkaitan dengan dirinya sendiri dan anak autis, keluarga, professional, dan masyarakat. Persoalan dengan anak autis dapat dikatakan sebagai persoalan utama karena orang tua seringkali dihadapkan dengan perilaku anak autis yang sangat rumit dan dibutuhkan waktu yang cukup panjang dalam memberikan treatment.

    Persoalan dengan keluarga merupakan persoalan penyerta sebagai dampak dari kehadiran anak autis. Begitu pun persoalan yang berhubungan dengan professional dalam menjalin hubungan penanganan dan masyarakat.

    Baca: Penilaian Akademis Anak Penyandang Disabilitas Selama Pandemi Berubah

    Ia mengatakan, orang tua dihadapkan pada persoalan hidup di masyarakat dan reaksi keluarga dari pasangan, mertua, atau bahkan dalam keluarga sendiri. Hal yang lebih nyata sebenarnya adalah bagaimana orang tua menghadapi perilaku anak autis itu sendiri. Joko menekankan, menjadi orang tua anak autis memang bukan hal yang mudah maka diperlukan dukungan dari berbagai pihak.

    "Dibutuhkan kekuatan bersama dari keluarga, suami, istri, anak, dan mertua yang semua itu adalah keluarga inti. Bersama-sama adalah cara terbaik untuk menghadapi masalah dan menggapai masa depan anak menjadi lebih baik," ujarnya.

    Pada peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia ini, Joko berharap agar anak-anak autis semakin diperhatikan pendidikannya, dapat mengakses dunia kerja, dan biaya penanganan anak autis yang semakin terjangkau. Ia berharap anak-anak autis semakin terperhatikan pendidikannya dan semakin yang dapat mengakses dunia kerja. 

    "Juga, semoga banyak guru yang mengerti tentang anak autis yang tentu harus dilatih dan biaya penanganan anak autis yang murah atau dibiayai negara, terutama yang dari keluarga tidak mampu," ungkap Joko.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id