Universitas Brawijaya Kukuhkan Dua Guru Besar Baru

    Antara - 26 Agustus 2020 20:58 WIB
    Universitas Brawijaya Kukuhkan Dua Guru Besar Baru
    Pengukuhan dua guru besar Universitas Brawijaya. Foto: Antara
    Malang: Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, kembali mengukuhkan dua guru besar sekaligus. Masing-masing profesor bidang Ilmu Sosial Ekonomi Perikanan dan Ilmu Keuangan Bisnis.

    Kedua guru besar yang dikukuhkan di Gedung Widyaloka UB Malang, ialah Prof. Dr. Ir. Harsuko Riniwati, MP dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), serta Prof. Dr. Dra. Sri Mangesti Rahayu, M.Si dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA). 

    Harsuko, yang dikukuhkan sebagai Profesor dalam bidang Ilmu Sosial Ekonomi Perikanan ini merupakan profesor aktif ke-12 dari FPIK dan profesor ke-265 di UB. Sedangkan, Sri Mangesti merupakan profesor aktif ke-11 dari FIA dan ke-266 dari seluruh Profesor yang telah dihasilkan UB.

    Dalam pidato pengukuhannya berjudul 'Metode Baru Pemberdayaan Masyarakat Nelayan', Harsuko mengemukakan kondisi masyarakat nelayan masih erat dengan kemiskinan. Beberapa informasi dari hasil penelitian yang menggambarkan profil atau potret kehidupan masyarakat nelayan di Indonesia menunjukkan bahwa nelayan masih berpendidikan rendah, perumahan belum memadai, pendapatan rendah antara Rp2 juta hingga Rp3 juta per bulan.

    Baca: Unhan Kukuhkan Satu Guru Besar Ilmu Pertahanan Baru

    Selain itu, pengeluaran rendah berkisar antara Rp1 juta sampai Rp3 juta per bulan. Pengeluaran tersebut tidak dapat menyentuh kebutuhan sosial, seperti biaya pendidikan, rentan terhadap banjir pasang surut, teknologi penangkapan ikan tradisional, dan modal rendah.

    "Kehidupan nelayan juga digambarkan bahwa tingkat kesejahteraan juga rendah dari pendapatan anggota keluarga, pembangunan pedesaan pesisir tergolong rendah, kehidupan nelayan identik dengan kemiskinan, tingkat kesejahteraan nelayan di bawah sektor-sektor yang lain, dominan sebagai nelayan buruh atau ABK (anak buah kapal) dan jumlah penduduk perempuan dan laki-laki seimbang," papar Harsuko melansir Antara, Rabu, 26 Agustus 2020.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id