Kampus Harus Siap, Perkuliahan Daring Sebuah Keniscayaan

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 20 Maret 2020 20:55 WIB
    Kampus Harus Siap, Perkuliahan Daring Sebuah Keniscayaan
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/M. Rizal
    Jakarta: Pengamat Pendidikan Edy Suandi mengungkapkan, perkuliahan daring merupakan sebuah keniscayaan, terutama di era disrupsi teknologi sekarang ini.  Untuk itu perguruan tinggi harus mempersiapkan diri mengoptimalkan kuliah daring untuk menekan penularan dan penyebaran virus Korona.

    Ia pun menyebut, perguruan tinggi yang tidak memiliki sistem pembelajaran daring bakal ditinggal calon mahasiswanya. Untuk itu, perguruan tinggi harus bergerak cepat dan segera mengembangkan pembelajaran daring.

    “Pelaksanaan online tidak sesulit yang dibayangkan dan itu suatu keniscayaan. Semua kampus harus siap melaksanakannya.  Kalau mau mulai, coba bertahap menyiapkan perangkat yang diperlukan untuk pembelajaran agar lebih baik,” jelas Edy kepada Medcom.id, Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020.

    Untuk itu, kata Edy, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk semua perguruan tinggi dalam menyiapkan dirinya menggelar PJJ.  “Revolusi  industri 4.0 dan pola hidup generasi milenial akan memaksa diterapkannya PJJ di masa depan,” ungkap Edy.

    Hal ini sekaligus menanggapi pernyataan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), Budi Djatmiko yang menyebut baru Perguruan tinggi yang terakreditasi A saja yang siap melaksanakan PJJ.  Ini disebabkan karena selama ini hanya perguruan tinggi terakreditasi A saja yang diperbolehkan menggelar PJJ 100 persen.  Sedangkan kampus terakreditasi B dan C hanya diperbolehkan menggelar PJJ maksimal 50 persen dari total pertemuan.

    “Ini yg membuat pendidikan jauh tertinggal dari negara-negara maju. Jika pemerintah tidak memberikan kebijakan 100% kampus boleh PJJ maka Indonesia adalah negara yang paling pertama kampusnya tutup,” jelasnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id