Kuliah Daring, Aptisi Minta Pemerintah Gratiskan Biaya Internet

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 19 Maret 2020 21:25 WIB
    Kuliah Daring, Aptisi Minta Pemerintah Gratiskan Biaya Internet
    Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Budi Djatmiko. Foto: Dok. Pribadi
    Jakarta: Dengan adanya status tanggap darurat darurat bencana nonalam pandemi Korona memaksa perguruan tinggi melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau secara daring. Akan tetapi hal tersebut menimbulkan persoalan lain, yakni mahalnya biaya internet yang harus ditebus mahasiswa untuk mengakses materi dan mengikuti perkuliahan daring tersebut.

    Hal tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Budi Djatmiko. Menurutnya, di situasi darurat pemerintah harus tanggap dengan menggratiskan biaya internet, sehingga pembelajaran tetap bisa berlangsung dengan baik.

    "Mestinya saat sekarang adalah kesempatan pemerintah membebaskan biaya untuk internet," kata Budi kepada Medcom.id, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

    Baca juga:  Aptisi: Hanya PTS Terakreditasi A Siap Kuliah Daring

    Itu, kata dia, sangat mungkin. Yakni dengan memberdayakan perusahaan telekomunikasi plat merah seperti PT Telkom.  "Melalui PT Telkom dan membuat jaringan sampai pelosok Tanah Air, dengan biaya murah," tegasnya.

    Budi menjelaskan, biaya internet yang mahal ini menjadi salah satu halangan untuk PJJ. Selain itu tentu bagaimana kesiapan Perguruan Tinggi, terutama bagi kampus yang terakreditasi di bawah A.

    "Yang akreditasi A dapat melaksanakan PJJ 100 persen pertemuan sedangkan untuk akreditasi institusi B dan C selama ini hanya dapat melaksanakan 50 persen pertemuan saja. Jadi mereka belum terlatih menggelar PJJ," terangnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id