Sekjen: Pejabat Plt. Tak Hambat Program Kemendikbud

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 03 Februari 2020 20:09 WIB
    Sekjen: Pejabat Plt. Tak Hambat Program Kemendikbud
    Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Naim. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
    Jakarta: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na’im mengatakan, bahwa sejumlah Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Kemendikbud sudah mendapatkan mandat dari Mendikbud Nadiem Makarim.

    "Sudah diberi tugas dan kewenangan khusus oleh menteri jadi boleh jalan. Plt yang tidak diberi kewenangan tidak bisa bergerak," kata Ainun di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Jumat, 31 Januari 2020.

    Untuk itu, kata Ainun, para Plt. dirjen ini juga terlibat dalam penggarapan kebijakan 'Merdeka Belajar'.  Hal ini disampaikan Ainun, untuk menjawab kekhawatiran masyarakat terkait bakal terhambatnya implementasi sejumlah program Kemendikbud karena status Plt. yang melekat dalam jabatan dirjen tersebut.

    "Iya. Itu termasuk juga (menyiapkan program Merdeka Belajar)," kata Ainun.

    Ia menjelaskan, para Plt. saat ini dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan dan juga sebagai transisi sampai nanti ada pelantikan Dirjen definitif.

    "Menjembatani transisi dan juga justru untuk mempercepat itu kita perlu Plt. Karena kalau tidak ada Plt. maka tidak ada pejabatnya," terangnya.

    Ainun menyebut, paling tidak dalam dua bulan ke depan sejumlah dirjen definitif akan dilantik.  Tercatat saat ini hanya satu dirjen yang sudah dilantik dan berstatus definitif, yakni Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid.

    Sementara untuk dirjen lainnya seperti Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Supriano, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Harris Iskandar, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Patdono Suwignjo, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam, Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Totok Suprayitno, Plt. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dadang Sunendar.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id