Nadiem Ingin Pusat dan Daerah Bersinergi Majukan Budaya

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 27 Februari 2020 14:46 WIB
    Nadiem Ingin Pusat dan Daerah Bersinergi Majukan Budaya
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kebudayaan.  Rakornas diharapkan dapat menggiatkan upaya pemajuan kebudayaan dan memperkuat sinergi antara pengambil kebijakan di tingkat pusat dan daerah.

    Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Hilmar Farid berharap Rakor ini Pemerintah Daerah dan para pemangku kepentingan di bidang kebudayaan berkomitmen dan menyepakati bentuk keterlibatan dalam program-program  prioritas yang diusung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan. Selain itu juga agar terwujudnya sinergitas di antara keduanya.

    "Lalu perlu juga segera disepakati mekanisme sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam usaha pemajuan kebudayaan ini,” kata Hilmar dalam pembukaan Rakornas Kebudayaan, di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu malam, 26 Februari 2020.

    Baca juga:  Tembus Panggung Dunia, Nadiem Ingin Tiru Jurus Korsel

    Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta peserta Rakornas tak hanya sekadar duduk mendengar pidato. Pasalnya, agenda ini penting untuk kemajuan kebudayaan.

    Tercatat, peserta yang hadir merupakan perwakilan pemda mulai dari Kabupaten/Kota dan Provinsi yang sudah menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).  "Kumpul di Jakarta kita langsung kerja. Jangan hanya nonton pidato-pidato saja. Saya ingin melihat apa saja ide-ide di setiap daerah yang ada," tegas Nadiem.

    Dalam Rakornas ini, kabupaten/kota, provinsi dan asosiasi yang terlibat akan diperkenalkan kepada program-program prioritas yang diusung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, mulai dari Pekan Kebudayaan Nasional, Karavan Budaya (Jalur Rempah), dan Indonesia Bercerita. Kemudian kabupaten/kota, provinsi dan asosiasi dapat menyesuaikan berbagai kegiatan pemajuan kebudayaannya masing-masing dengan program-program prioritas tersebut. 



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id