PPDB DKI Jakarta

    Disdik Bakal Carikan Solusi Uang Pangkal Penerima KJP di 'Swasta'

    Ilham Pratama Putra - 15 Juli 2020 09:42 WIB
    Disdik Bakal Carikan Solusi Uang Pangkal Penerima KJP di 'Swasta'
    ilustrasi. Foto: MI/Angga Yuniar
    Jakarta: Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta disebut bakal menanggung uang pangkal siswa ekonomi rendah yang masuk ke sekolah swasta. Hal ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi siswa ekonomi tidak mampu yang tidak bisa masuk ke sekolah negeri.

    "Disdik yang akan cari solusi dan Beliau (Kepala Disdik DKI Jakarta, Nahdiana) bilang ke Saya 'minta waktu enam bulan ya Pak Imam'. Biar ditalangi uang pangkalnya dulu," kata Ketua Umum Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) DKI Jakarta Imam Parikesit, di Jakarta, Selasa, 14 Juli 2020.

    Meski belum mendapat kepastian, menurutnya hal itu sangat mungkin terjadi. Uang pangkal bisa diambil dari dana Kartu Jakarta Pintar (KJP).

    "Bayar pake KJP. Gaji guru gimana? Itu kan buat operasional, pembelajaran. Kan ada hibah dari DKI ke guru swasta Rp500 ribu per bulan, ada," ujarnya.

    Baca juga:  Swasta Minta DKI Tak Buka Lagi Penerimaan Sekolah Negeri

    Selain itu pihak sekolah swasta, bisa memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Saat ini 50 persen dana BOS juga bisa dimaanfaatkan untuk menggaji guru.

    "Ya dicukup-cukupin lah, geser-geser," sambung Imam.

    Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Disdik DKI mencocokkan data siswa penerima KJP tersebut. Bantuan dana ini sangat diharapkan oleh pihaknya, sebab saat ini ada 60 persen sekolah swasta yang berpotensi terganggu urusan finansialnya.

    "Ada sekolah swasta yang dari dulu selalu kelasnya kurus. Terjadi defisit. Sekolah swasta 10 persen tingkat papan atas, 30 persen tingkat papan menengah, yang di papan bawah 60 persen sekolah yang kurang berkualitas. Yang 60 persen ini selalu terseok-seok, yang harus dibantu. Artinya Pemerintah provinsi harus alokasikan anggaran untuk meningkatkan mutu," pungkasnya. 

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id