Membuka SMK untuk Praktikum Diminta Hati-hati

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 11 Agustus 2020 17:04 WIB
    Membuka SMK untuk Praktikum Diminta Hati-hati
    Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta pembukaan SMK untuk kegiatan praktikum tak dilakukan tergesa-gesa. Kendati, Mendikbud Nadiem Makarim sudah mengizinkan SMK melakukan praktikum tatap muka.

    "Jadi, tidak langsung pengumuman Jumat kemarin, Senin itu semua mempersiapkan masuk sekolah, tidak seperti itu, harus hati-hati sekali,” kata Direktur SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Bakrun, saat kunjungan ke SMK Negeri 27 Jakarta Pusat, Selasa, 11 Agustus 2020.

    Bakrun menegaskan, perlu ada asesmen terlebih dahulu dari pemerintah daerah setempat. Menurut Bakrun, saat ini SMK masih tahap persiapan melakukan praktikum tatap muka, baik di bengkel maupun laboratorium.  

    "Masih ada asesmen. Data rill belum ada, tapi kami akan terus memantau perkembangannya," ungkapnya.

    Baca: Praktikum SMK Boleh Tatap Muka, Pelajaran Teori Diminta Tetap Daring

    Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana mengungkapkan tidak mau buru-buru untuk kembali membuka sekolah. Terlebih, DKI Jakarta saat ini masih masuk dalam zona merah.

    "Kami tidak ingin terburu-buru membuka sekolah. Kami mengajak seluruh warga sekolah bekerja sama untuk menciptakan sekolah yang sehat dan aman sebagai prioritas semua," kata Nahdiana.

    Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim akhirnya memperbolehkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi di seluruh zona covid-19 untuk menggelar pembelajaran tatap muka. Namun, pembukaan sekolah tersebut hanya untuk pembalajaran yang bersifat praktikum.

     "Bukan pembelajaran teori, hanya praktik. Yaitu pembelajaran produktif yang harus menggunakan mesin-mesin," kata Nadiem dalam Webinar Penyampaian Penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri dan Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, Jumat, 7 Agustus 2020.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id