UMI Jadi PTS Pertama Terakreditasi A di Luar Pulau Jawa

    Ilham Pratama Putra - 15 September 2020 20:11 WIB
    UMI Jadi PTS Pertama Terakreditasi A di Luar Pulau Jawa
    Rektor UMI, Basri Modding. Foto: Dok. UMI
    Jakarta: Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar telah menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama yang mendapat akreditasi unggul atau A di luar pulau Jawa. UMI sekaligus menjadi PTS pertama dari Indonesia wilayah timur yang mendapatkan akreditasi terbaik tersebut.

    "Akreditasi A itu ketika Saya baru enam bulan dilantik jadi rektor, Saya pacu UMI untuk peningkatan kualitas pembelajaran, sumber daya manusia, penelitian, pengabdian masyarakat, sarana prasarana dan kualitas kepemimpinan," kata Rektor UMI, Basri Modding dalam siaran langsung Instagram bersama @osc_medcom, Selasa, 15 September 2020.

    Saat ini UMI sendiri memiliki 57 program studi (prodi). Dari 57 prodi tersebut, sudah 18 prodi di antaranya yang meraih akreditasi A.

    "Sisanya B, tidak ada yang C. Ke depan kita akan fokus untuk perkembangan prodi yang ada dulu, kita tidak ada buka prodi yang baru," jelas Basri.

    Tak cukup dengan capaian itu, Basri menjelaskan jika pihaknya juga tengah mengejar akreditasi internasional. Salah satu PTS yang bakal menerima mahasiswa lewat program beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom 2020 ini, juga tengah menyiapkan tim untuk mendapatkan akreditasi internasional tersebut.

    "Ada tujuh prodi, Kedokteran, Hukum, Manajemen, Akuntansi, Pertanian, Perikanan, kemudiaan ada Teknik, itu kita persiapkan untuk diajukan akreditasi internasional," terangnya.

    Baca juga:  Pesantren Virtual Jadi Tradisi UMI Terima Mahasiswa Baru

    Dia mengakui, jika prodi-prodi tersebut merupakan prodi favorit di kampusnya.  Kemampuan UMI ini juga telah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemendikbud menempatkan UMI di peringkat 64 dalam klasterisasi PTN dan PTS se-Indonesia.

    "Dari 2.136 PTN dan PTS, UMI berada di peringkat ke-64. Itu berarti banyak PTN PTS di bawah UMI," lanjut Basri.

    Dia menargetkan, tahun depan UMI bisa masuk 40 besar perguruan tinggi terbaik dalam klasterisasi Kemendikbud. Beberapa aspek bakal dibenahi.  "Pertama pembelajaran daring, kita akui itu masih kurang. Dan mengadakan kelas internasional. Harusnya sudah jalan tapi karena pandemi jadi terhalang," tutup dia.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id