comscore

Selamat! Cak Hasan Kembali Dipercaya Pimpin Unesa 5 Tahun ke Depan

Renatha Swasty - 17 Juni 2022 09:47 WIB
Selamat! Cak Hasan Kembali Dipercaya Pimpin Unesa 5 Tahun ke Depan
Pemilihan rektor Unesa. DOK Unesa
Jakarta: Jajaran senat Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan rapat pemilihan calon rektor periode 2022-2026 di Auditorium Lantai 11 Gedung Rektorat Kampus Lidah Wetan, Surabaya, pada Selasa, 14 Juni 2022. Nurhasan kembali terpilih memimpin Unesa lima tahun ke depan.

Ketua panitia, Madlazim, mengungkapkan tiga nama ikut berkontestasi dalam pemilihan rektor. Mereka, ialah; Maspiyah dari Fakultas Teknik (FT), Muhammad Nursalim dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Nurhasan dari Fakultas Ilmu Olahraga (FIO).
“Sebanyak tiga nama calon yang masuk ke kementerian itu kemudian ikut pemilihan pada Selasa. Rapat dipimpin langsung Ketua Senat Haris Supratno. Hasilnya, Cak Hasan rektor incumbent kembali dipilih dan dipercaya untuk memimpin Unesa. Setelah ini, rektor terpilih menunggu penetapan dan pelantikan oleh kementerian,” kata Madlazim dikutip dari laman unesa.ac.id, Jumat, 17 Juni 2022. 

Dia menuturkan pemilihan calon rektor Unesa melalui sejumlah tahapan. Pertama, penjaringan. 

Tahap ini tim melakukan sosialisasi penjaringan kepada publik pada 23 Maret-4 April 2022. Kemudian, membuka pendaftaran bakal calon pada 28 Maret-14 April 2022. Pendaftar tidak hanya dari Unesa tetapi juga dari luar yang tentunya memenuhi syarat.

Dari sejumlah nama yang masuk, berdasarkan hasil verifikasi dan seleksi administrasi pada 30 Maret-21 April 2022 menghasilkan enam nama bakal calon yang masuk kualifikasi. Keenamnya, yakni Bachtiar Syaiful Bachri, Djuli Djatiprambudi, Maspiyah, Mochamad Nursalim, Nurhasan, dan Trisakti. 

Kedua, penyaringan. Sebanyak enam bakal calon tersebut kemudian mengikuti tahap penyaringan pada 18 Mei 2022. 

Madlazim menyebut pada tahap ini, seluruh bakal calon mempresentasikan visi, misi, tujuan dan program unggulan untuk Unesa lima tahun ke depan. Penyaringan tersebut kemudian menghasilkan tiga nama calon terkuat.

Ketiga, tahap pemilihan. Sebanyak tiga nama mengikuti tahap pemilihan calon rektor dalam rapat senat yang berlangsung pada 14 Juni 2022. Tahap selanjutnya, penetapan dan pelantikan oleh kementerian pada Juli 2022. 

Dekan FMIPA tersebut berharap rektor terpilih bisa membawa kampus Growing with Character tersebut semakin berprestasi dan maju lagi. Terpenting, bisa membawa Unesa menjadi PTN-BH dan menuju world class university

“Semuanya kembali ke Tri Darma perguruan tinggi. Itu yang perlu ditingkatkan lagi ke depan, baik kualitas maupun kuantitasnya. Riset-riset, inovasi, publikasi, kontribusi dan sebagainya harus diperbanyak,” tutur dia. 

Baca: Selamat! Unesa Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT



(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id