comscore

Tahun Ini, Nadiem Minta Semua Kampus Punya Satgas PPKS

Ilham Pratama Putra - 10 Januari 2022 15:22 WIB
Tahun Ini, Nadiem Minta Semua Kampus Punya Satgas PPKS
Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam webinar tentang TPKS, Senin, 10 Januari 2022. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meminta seluruh perguruan tinggi membentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Hal itu sebagaimana tertuang dalam Permendikbudristek Nomor 30 tahun 2021 tentang PPKS.

Nadiem pun menargetkan pada tahun ini seluruh kampus di Indonesia sudah memiliki satgas PPKS. Tak ada satupun kampus di Indonesia yang tidak aktif dalam pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.
"Target selanjutnya, tahun ini semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki satgas penanganan dan pencegahan kekerasan seksual," ujar Nadiem dalam webinar Sikap Publik terhadap RUU TPKS dan Peraturan Menteri tentang Pencegahan Kekerasan Seksual, Senin, 10 Januari 2022.

Ia mengaku sudah mendengar banyak kampus yang bergerak untuk membangun satgas di kampus. Namun, Ia ingin Permendikbudristek itu lebih implementatif dan kolaboratif.

Baca: Pendaftaran Seleksi Siswa Baru MAN Dibuka Hari Ini

"Tapi pada dasarnya, kami ingin peraturan ini diimplementasikan kolaboratif, tidak hanya di kampus, tapi masyarakat umum. Bersama-sama kita memerangi kekerasan seksual," lanjut Nadiem.

Nadiem mengakui butuh peran seluruh pihak agar Permendikbudristek ini berjalan dengan baik. Bahkan, pihaknya juga melakukan kunjungan untuk mendapat perspektif lain soal hal tersebut.

"Sampai hari ini kami terus menerima masukan sebagai bahan pertimbangan kami ke depan bagaimana peraturan ini mendorong pendidikan yang merdeka dari kekerasan seksual," ungkapnya.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id