comscore

TEDxYouth Dorong Siswa MISJ Kembangkan Soft Skill dan Hard Skill

Rosa Anggreati - 29 Juni 2022 22:01 WIB
TEDxYouth Dorong Siswa MISJ Kembangkan <i>Soft Skill</i> dan <i>Hard Skill</i>
Mentari Intercultural School Jakarta (MISJ) menyelenggarakan kegiatan TEDxYouth. Acara ini berupa dialog dengan mengemban misi menyebarkan ide-ide hebat (Foto:Dok)
Jakarta: Mentari Intercultural School Jakarta (MISJ) menyelenggarakan kegiatan TEDxYouth. Acara ini berupa dialog dengan mengemban misi menyebarkan ide-ide hebat.

Sejumlah pembicara hadir pada TEDxYouth@MISJ secara virtual melalui Zoom, pada 18 Juni 2022. Mereka ialah Ismail Fahmi, PhD, seorang big data scientist dan pendiri (founder) Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia. Ismail memvisualisasikan bagaimana kita telah tertipu oleh disinformasi di sosial media. 
Pembicara selanjutnya Ahmad Rusdan Handoyo Utomo, PhD, seorang ahli biologi molekuler (molecular medicine scientist) yang pernah menjalani post-doctoral fellowship di Harvard Medical School, Universitas Harvard, Amerika Serikat. Ahmad Utomo membahas tentang penyuntingan gen (gene editing atau genome engineering) dengan teknologi CRISPR. 

Pembicara tamu berikutnya adalah Carys Mihardja, pendiri @carys.cares yang akan meningkatkan kesadaran tentang para penderita down syndrome. Carys baru saja lulus dari SMA Pelita Harapan (SPH) dan berhasil diterima kuliah program sarjana di Yale University dan Stanford University.

TEDxYouth@MISJ memberi kesempatan bagi pelajar dan pembicara berpengaruh dari berbagai bidang untuk berbagi pemikiran dengan durasi maksimum 18 menit per orang. Melalui presentasi untuk berbagi pengetahuan, TEDxYouth@MISJ berharap untuk menjalin hubungan (koneksi) dan dialog penting, yang pada akhirnya membawa kita menuju masa depan yang lebih baik.

"TEDxYouth@MISJ mengangkat tema On the Margins. Tema ini dipilih sesuai tujuan acara, yaitu mendengarkan pemikiran dari orang-orang hebat. Saya yakin akan sangat bermanfaat,” kata Ketua Panitia Nadine Aisha Abdullah.

Untuk diketahui, TED (Technology, Entertainment, Design) adalah organisasi media nirlaba dari Amerika yang telah mengadakan konferensi sejak 1984 dengan tujuan mempresentasikan pembicara dengan ide-ide yang layak disebarkan, sesuai mottonya yaitu Ideas Worth Spreading. TED bermitra dengan individu atau komunitas untuk membuat platform presentasi untuk berbagi ide secara global. Awalnya TED fokus pada tema TED (technology, entertainment, design), akan tetapi sekarang mengusung tema lebih luas. 

TED Talk adalah presentasi singkat selama maksimal 18 menit. Semua TED Talks bisa dilihat di website dan YouTube channel TED secara gratis. Sampai saat ini tersedia lebih dari 3.900 video TED Talk yang bisa dilihat di YouTube dengan pembicara bervariasi dari politisi, ilmuwan, seniman, desainer, aktor, pebisnis hingga komedian.

TEDx adalah acara TED Talks yang direncanakan dan dikoordinasikan secara independen oleh komunitas-komunitas yang mendapat lisensi gratis dari TED.

TEDxYouth event sebagai bagian dari acara TEDx yang dikemas menyenangkan, imaginatif dan cerdas, diorganisasi oleh anak muda dan ditujukan untuk anak-anak muda, dengan dibantu mentor dewasa. TEDxYouth membawa ide-ide yang layak disebarkan untuk semua umur. 

TEDxYouth@MISJ merupakan versi TEDx yang diorganisasi oleh murid-murid SMA Mentari Intercultural School Jakarta (MISJ). 

Acara TEDx memiliki sebuah misi yaitu untuk menyebarkan ide-ide hebat. Tujuan utama acara tersebut adalah untuk memicu percakapan, koneksi, dan komunitas. Setiap pembicaraan di TEDx tidak boleh berisi ujaran kebencian, diskriminasi agama dan ras, mencari keuntungan materi (commercial), atau menjadi agenda politik praktis. 

Melalui penyelenggaraan acara TEDx, murid MISJ diharapkan dapat mengembangkan soft skill dan hard skill. Mereka akan mempelajari nilai kerja sama melalui kolaborasi secara terus-menerus dengan orang-orang dari dalam dan luar grup yang mereka pilih. Secara bersamaan, mereka akan belajar cara mengoperasikan berbagai aplikasi untuk membuat acara online yang sukses. 

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id