Pembagian Tugas Kemendikbudristek dan BRIN Harus Jelas

    Ilham Pratama Putra - 30 April 2021 15:28 WIB
    Pembagian Tugas Kemendikbudristek dan BRIN Harus Jelas
    Direktur Utama BPJS sekaligus Mantan Dirjen SDID Kemenristekdikti. Foto: Dok. Kemendikbud



    Jakarta:  Mantan Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti, Kemenristekdikti (kini Kemendikbudrstek), Ali Ghufron Mukti mengatakan urusan riset akan tetap berkait di antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).  Terutama pascadileburnya Kemenristek dengan Kemendikbud dan BRIN yang kini sudah menjadi badan otonom.

    Saling berkaitan di bidang riset khususnya di perguruan tinggi, Kemendikbud-Ristek dan BRIN dituntut pintar-pintar membagi tugas. Koordinasi pun mesti dibangun lebih erat.






    "Diharapkan ada koordinasi yang lebih erat dan pembagian tugas lebih jelas, contoh penelitian yang lebih scientific conceptual," kata Ghufron kepada Medcom.id, Jumat 30 April 2021.

    Diapun mengharapkan, perguruan tinggi lebih produktif ke depan. Dengan menghasilkan jurnal ilmiah internasional yang bereputasi.

    "Sedangkan penelitian inovasi yang dekat dengan readiness level tinggi atau siap dihilirisasi komersialisasi di BRIN," ujar Ghufron yang kini menjabat sebagai Direktur Utama BPJS ini.

    Baca juga:  Nadiem Diharapkan Jadi 'Jembatan' Peneliti Indonesia dengan Kampus Mancanegara

    Nadiem Makarim yang dilantik sebagai Mendikbud-Ristek juga berharap bisa meningkatkan kualitas dan inovasi di perguruan tinggi. Khususnya, dalam bidang riset dan teknologi sebagai bagian dari tridarma perguruan tinggi.

    "Riset dan teknologi adalah hal yang dekat di hati saya. Kami juga berharap untuk dapat menjadi mitra dan bekerja sama secara dekat dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)," ujar Nadiem usai pelantikan di Istana Negara, Rabu, 28 April 2021.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id