Unej Sediakan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tak Mampu

    Ilham Pratama Putra - 15 Mei 2021 12:03 WIB
    Unej Sediakan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tak Mampu
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej) bekerja sama dengan Pengadilan Negeri Jember (PN Jember). Kerja sama ini melahirkan bantuan hukum gratis bagi masyarakat tidak mampu yang mengambil lokasi di Pengadilan Negeri (PN) Jember.

    Program Bantuan hukum 'pro bono' ini diresmikan Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna bersama Ketua PN Jember Marolop Simamora. Menurut Iwan, Pos Bantuan Hukum (Posbakum) ini merupakan implementasi dari tridharma perguruan tinggi Unej dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

     



    "Posbakum ini didirikan semata-mata bagian dari ikhtiar kita semua untuk membawa manfaat bagi sesama dibidang pendampingan hukum oleh FH UNEJ kepada masyarakat,” ujar Iwan mengutip siaran pers Unej, Sabtu, 15 Mei 2021.

    Baca: Dosen UNAIR Bagikan Cara Mudah Menulis Ilmiah

    Dekan FH Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono menyebut layanan-layanan yang diberikan Posbankum antara lain pemberian informasi hukum, konsultasi hukum, pemberian advis hukum dan pembuatan permohonan dan gugatan. 

    Pemberian bantuan hukum ini dilakukan secara komprehensif melibatkan dosen, paralegal, advokat mitra Biro Pelayanan dan Bantuan Hukum (BPBH) FH UNEJ dan Mahasiswa.

    "Dengan adanya Posbakum ini maka harapannya pola pengabdian dari FH Universitas Jember lebih komprehensif, sistematis dan berkelanjutan," lanjut Bayu.

    Keberadaan Posbakum dengan kantor yang modern dan nyaman serta layanan profesional yang dikelola ini telah terbukti tmeningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan layanan. Terbukti, kata dia, sampai dengan awal Mei 2021 tercatat telah ada 116 para pencari keadilan dari masyarakat tidak mampu yang memanfaatkan layanan ini.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id