Mengenal Fakultas Psikologi UNAIR, Jurusan hingga Jenjang Kariernya

    Arga sumantri - 18 Februari 2021 11:00 WIB
    Mengenal Fakultas Psikologi UNAIR, Jurusan hingga Jenjang Kariernya
    Kampus C UNAIR. Foto: Istimewa.


    Jakarta: Para calon mahasiswa baru sudah tentu sedang mencari-cari jurusan  perkuliahan mana yang akan dipilih. Buat kalian yang tertarik dengan ilmu tentang perilaku manusia, bidang Psikologi tentu bisa jadi pilihan bidang yang ditempuh di perguruan tinggi.

    Salah satu kampus yang punya Fakultas Psikologi (FPsi) yakni Universitas Airlangga (UNAIR). Dekan FPsi UNAIR Suryanto memaparkan, pada dasarnya ilmu psikologi itu berusaha mempelajari dan mengukur sesuatu yang sangat abstrak dan memiliki kecenderungan yang tak pasti, yakni perilaku manusia.




    Suryanto menjelaskan FPsi UNAIR punya enam jurusan. Lulus Program Sarjana (S1) Psikologi, kata dia, dapat menempuh pendidikan karier seperti konselor, asisten psikolog, dan pengembang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

    "Tentu saja apabila anda ingin mengembangkan karir, anda harus mengambil pendidikan magister. FPsi UNAIR menyediakan tiga jurusan magister, yaitu Psikologi Profesi, Psikologi Terapan, dan Psikologi Sains. Tiga jurusan ini tentu memiliki prospek karier yang berbeda," ujar Suryanto mengutip siaran pers UNAIR, Kamis, 18 Februari 2021.

    Baca: Mau Dapat Bantuan Usaha Rp25 Juta dari Kemendikbud? Ini Syaratnya

    Suryanto mengatakan, FPsi UNAIR memiliki program International Undergraduate Program (IUP). Di situ, mahasiswa diberi kesempatan untuk mendapatkan double degree, yakni sebagai lulusan FPsi UNAIR juga Queensland University.  Pada 2020, IUP dari FPsi UNAIR menyabet penghargaan sebagai program IUP dengan penanganan terbaik di UNAIR.

    Seorang mahasiswa IUP, Nabella Ananda, menuturkan bahwa FPsi UNAIR benar-benar mempersiapkan mental dan kemampuan mahasiswanya sebelum menempuh pendidikan tinggi di negeri kanguru itu. Misalnya, dengan dituntut untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam segala aspek perkuliahan.

    Sementara itu, pakar kesehatan mental komunitas UNAIR, Atika Dian Ariana, menjelaskan terkait empat peminatan yang tersedia untuk S1 Psikologi. Pertama, Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, memfokuskan pembelajarannya terhadap kesehatan mental dalam konteks pendidikan dan perkembangan tiap individu.

    Baca: British Council Sediakan Beasiswa S2 di Inggris, Khusus Perempuan

    Kedua, Psikologi Kepribadian dan Sosial, memfokuskan dalam penelitian kepribadian individu dan bagaimana hal tersebut berpengaruh ke dalam konteks sosial. Lalu, ada peminatan Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, yang berfokus dalam studi kesehatan mental dan keprofesian untuk menjadi seorang psikolog. 

    "Psikologi Industri dan Organisasi adalah studi penerapan psikologi dalam konteks organisasi dan keindustrian. Peminatan digemari apabila ingin melanjutkan karirnya ke Human Resources Development (HRD)," ujar Atika, yang juga alumni University of Glasgow itu.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id