Catatan Kritis tentang Polemik Guru dan Tata Kelola Pendidikan Nasional

    Arga sumantri - 20 Januari 2021 15:37 WIB
    Catatan Kritis tentang Polemik Guru dan Tata Kelola Pendidikan Nasional
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie).
    Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) membeberkan sejumlah catatan kritis terkait polemik guru honorer dan tata kelola pendidikan nasional. Catatan kritis ini dinilai patut dicermati dalam rangka memperkaya dan melengkapi masukan-masukan untuk dunia pendidikan Indonesia menjadi lebih baik.

    Rerie mengungkapkan, survei bank dunia beberapa waktu lalu menyebutkan kalau sekolah menghadapi berbagai tantangan, terlebih di masa pandemi. Sejumlah tantangan itu antara lain kondisi kualitas layanan pendidkan, kualifikasi dan komposisi guru, serta tuntutan mengajar di sekolah.

    "Ada lagi beberapa hal yang sifatnya nonteknis. Dan harus diakui, khususnya ini terjadi di wilayah tertinggal," kata Rerie saat membuka diskusi Forum Denpasar 12 bertajuk Polemik guru dan Tata Kelola Pendidikan Nasional secara daring, Rabu, 20 Januari 2021.

    Baca: Gotong Royong jadi Solusi Hadapi Perubahan

    Rerie juga mengungkapkan hasil survei UNESCO dan Global Education Monitoring pada 2016. Indonesia menempati peringkat 10 dari 14 negara berkembang yang diberikan catatan terkait layanan pendidikan.

    "November, Bank Dunia mengukur kualitas kinerja layanan pendidikan, dan kita juga mendapatkan catatan yang harus kita pelajari karena ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama," jelasnya.

    Temuan utama yang didapatkan, kata dia, ada krisis pembelajaran siswa dan tingkat ketidakhadiran guru yang mencapai lebih dari 23 persen. Masalah lainnya yakni pengetahuan guru, materi pembelajaran, termasuk infrastruktur sekolah yang kurang memadai.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id