Dicecar DPR, Nadiem Sebut Restrukturisasi Sesuai Arahan Presiden

    Ilham Pratama Putra - 28 Januari 2020 21:09 WIB
    Dicecar DPR, Nadiem Sebut Restrukturisasi Sesuai Arahan Presiden
    Suasana raker antara Kemendikbud dan Komisi X DPR. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta:  Komisi X DPR RI mencecar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim terkait persoalan restrukturisasi organisasi di tubuh Kemendikbud.  Hal tersebut terjadi saat rapat kerja antara Komisi X DPR dengan Mendikbud beserta jajarannya.

    Nadiem menyebut, racikan restrukturisasi tersebut masih berproses dan akan terus dievaluasi. Namun, dia mengatakan bahwa rancangan restrukturisasi tersebut telah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

    "Salah satu satu arahan yang kami terima dari Pak Presiden adalah untuk efisiensi birokrasi," kata Nadiem dalam rapat kerja Komisi X, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020.

    Nadiem menyampaikan, dalam penataan kementeriannya, benar-benar mengacu pada prinsip efisiensi.  "Semakin ramping organisasi itu semakin penting, jadi itu arahan langsung dari Pak Presiden," tegas dia.

    Kini kementriannya hanya mempunyai lima dirjen.  Yakin Dirjen Paud dan Dikdasmen, Dirjen Pendidikan Vokasi, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Dirjen Pendidikan Tinggi, dan Dirjen Kebudayaan.

    Polemik soal struktur organisasi baru di Kemendikbud ini bermula dari Komisi X yang mengaku belum menerima penjelasan dari Mendikbud soal restrukturisasi organisasi.  Untuk itu, perubahan struktur yang merujuk pada Peraturan Presiden 82 Tahun 2019 Tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbud mencuat dalam rapat.

    "Berdasarkan Perpres terjadi perubahan struktur organisasi. Komisi belum dapat penjelasan. Sementara beberapa persoalan akibat Perpres tersebut sudah masuk ke Komisi baik melalui RPDU, Kunjungan Kerja Komisi X," kata Ketua Komisi X, Syaiful Huda saat membuka Raker di Ruang Rapat Komisi X, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Januari 2020.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id