Dosen Terus Didorong Adaptif dalam Pembelajaran Jarak Jauh

    Ilham Pratama Putra - 23 Juni 2020 20:27 WIB
    Dosen Terus Didorong Adaptif dalam Pembelajaran Jarak Jauh
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus memberikan pelatihan kepada dosen untuk memperkuat sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dalam tiga bulan terakhir, Kemendikbud mengeklaim ribuan dosen telah mengikuti pelatihan.

    "Sudah ribuan dosen kita ajak, ada pakar yang memberikan materi untuk dosen bisa lebih baik dalam PJJ," kata Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti Kemendikbud, Aris Junaidi, dalam konferensi video, Selasa, 23 Juni 2020.

    Aris mengatakan, pelatihan ini akan terus digelar hingga akhir Juli 2020. Aris menyebut ada beberapa fokus pelatihan dosen agar lebih matang mempersiapkan PJJ.

    "Menyiapkan substansi pembelajaran yang mudah dipahami mahasiswa, bagaimana memberikan tugas, melakukan asesmen, memandu, mengoreksi dan interaksi," jelasnya.

    Aris menjelaskan, pelatihan dibagi dalam tiga segmen penting dan tiga sesi dalam sehari, mulai dari penguasaan teknologi, pendagogi, dan konten. Aris berharap hasil pelatihan bisa langsung diterapkan.

    Baca: Seleksi Jalur Mandiri UGM Pakai Nilai UTBK dan Rapor

    Menurut Aris, jika penerapan pelatihan berjalan baik, para dosen diminta berbagi ilmu di Sistem Pembelajaran Daring (Spada) milik Kemendikbud. Para peserta pelatihan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi dosen lainnya.

    "Agar apa yang ada di merdeka belajar, kampus penggerak itu bisa terwujud," pungkas Aris.

    Pelatihan dari Kemendikbud ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Cisco Webex Meetings. Jadwal dan pendaftaran pelatihan dapat dilihat pada spada.kemdikbud.go.id/pages/jadwal-seminar.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id