NU Circle: Kinerja Nadiem Belum Memuaskan

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 30 Juli 2020 19:59 WIB
    NU Circle: Kinerja Nadiem Belum Memuaskan
    Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra
    Jakarta: Pembina Nahdlatul Ulama (NU) Circle, Lily Chojidah Wahid, menyebut banyak keluhan dari daerah terkait kinerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Keluhan banyak datang dari guru dan siswa

    "Saya mengatasnamakan keluhan dari berbagai daerah, guru, orang tua enggak puas dengan kinerjanya," kata Lily dalam diskusi daring, Kamis, 30 Juli 2020.

    Lily menyebut ada beberapa hal yang mesti dievaluasi dari kinerja Nadiem. Salah satunya, terkait koordinasi Nadiem dengan menteri lainnya. "Apakah kinerjanya koordinatif dengan sesama rekan di dalam kabinet," sebutnya.

    Kemudian, kata Lily, Nadiem juga perlu dievaluasi terkait koordinasinya dengan dinas pendidikan, baik provinsi, maupun kota/kabupaten. "Apakah berjalan? Karena yang saya dengar ini tidak berjalan," ungkapnya.

    Baca: NU Menilai Permintaan Maaf Nadiem Salah Sasaran

    Ia juga menyoroti konsep Merdeka Belajar yang diusung Nadiem. Saat ini, kata dia, konsep itu justru dipatenkan oleh salah satu perusahaan swasta yang bergerak di dunia pendidikan. Nadiem justru lebih terkesan sebagai brand ambassador di Merdeka Belajar.

    Lily juga heran dengan dipatenkannya program Merdeka Belajar. Menurut dia, itu merupakan sebuah konsep belajar yang diusung oleh Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, dan sudah dijalankan sebelum Indonesia merdeka.

    "Sudah dijalankan oleh bangsa ini itu sekian puluh tahun lalu, kenapa dipatenkan hari ini. Kalau paten itu mengenai sebuah konsep belajar seperti ini jadi serba membingungkan," cetusnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id